Membangun Rumah Dengan Biaya Terbatas, Bisakah ?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Tips Membangun Rumah Dengan Biaya Seadanya
Source : properti muliarsitek.com

Ingin membangun rumah tinggal dengan biaya yang terbatas bukanlah hal yang tidak mungkin. Tentunya, kita harus membedakan terlebih dahulu sebutan biaya terbatas dengan tidak ada biaya sama sekali. Hal ini penting Sahabat ketahui, bahwa membangun rumah dengan biaya terbatas bukan sekedar gimmick.

Terdapat 3 tips yang harus Sahabat ketahui, agar rumah idaman yang selama ini Sahabat idamkan bisa terwujud. Apa saja ketiga tips tersebut ?.

1.  Memahami Tipe Rumah

Tips Jitu Membangun Rumah Dengan Biaya Terbatas
Source : properti Muliaarsitek

Pastinya Sahabat sudah pernah mendengar istilah dari rumah tipe 21, tipe 30, tipe 45 dan lain-lain. Sebutan nomor tersebut merupakan patokan dari ukuran tanah yang dimiliki. Memahami tipe rumah adalah penting, agar Sahabat nantinya tidak salah dalam menentukan rumah yang diidam-idamkan

Terdapat 3 tipe rumah yang biasa bisa didapatkan dengan harga yang miring, yakni tipe rumah 21, tipe rumah 36, dan tipe rumah 45.

2 tipe rumah yakni tipe 21 dan 36 adalah pilihan tepat untuk sahabat yang memiliki keluarga kecil dengan 1 atau 2 orang anak. Berikut adalah penjelasan masing ketiga tipe rumah tersebut;

Tipe Rumah 21

Tipe Rumah 21
Source : 99.co

Tipe 21 adalah tipe rumah yang berada di segmen middle-low ataupun entry-level. Jenis rumah ini biasanya banyak orang-orang gunakan untuk investasi rumah kontrak atau pun kantor kecil. Tak menutup kemungkinan juga, bahwa rumah ini bisa berfungsi sebagai tempat tinggal bersama keluarga.

Tipe Rumah 36

Tipe Rumah 36
Source : rumah123.com

Rumah tipe 36 umumnya di kavling dengan lebar 6 m dengan dimensi 6×6 persegi. Terdiri dari 2 kamar tidur, 1 ruangan ruangan dapur dan keluarga. Cocok untuk keluarga kecil Sahabat nantinya.

Tipe Rumah 45

Tipe Rumah 45
Source : rumah123.com

Rumah cocok untuk sahabat yang ingin keluarga kecilnya bergerak lebih leluasa, Sahabat dapat memilih untuk tipe rumah 45. Tipe rumah ini memiliki visualisasi yang lebih luas ketimbang tipe 36.

Umumnya dimensi yang digunakan pada tipe rumah ini adalah 6 x 7.5 meter dengan luas 72,90 meter persegi. Dengan luasnya  yang dimiliki ini, tentu sangat cocok untuk keluarga kecil dengan 2 atau 3 anak.

Setelah memahami apa saja tipe-tipe rumah dengan harga yang relatif miring, maka selanjutnya Sahabat mengetahui mengenai konsep sebuah rumah.

2. Mengenal Rumah Jenis Minimalis

Tips Jitu Membangun Rumah Dengan Biaya Terbatas
Source : properti Muliaarsitek

Sesuai dengan namanya, rumah ini memiliki konsep minimalis dengan furniture yang juga minimalis. Meskipun minimalis, namun bukan berarti pemilik rumah harus rela merasakan gerah di dalam rumah.

Minimalis yang dimaksud adalah efisiensi tiap perabot yang ada di dalam ruangan. Rumah jenis ini biasa memiliki satu ruangan yang memiliki banyak fungsi. Seperti ruang keluarga yang dapat bergabung dengan ruang makan, dan juga dengan ruangan kerja.

Tips tambahan, Sahabat bisa menempatkan ruang tamu bersifat outdoor, agar privasi keluarga di dalam rumah tetap terjaga.

3. Pesan Rumah Tumbuh

Pesan Rumah Tumbuh
Source : properti Muliaarsitek

Tips yang terakhir untuk dapat membangun rumah dengan biayas terbatas adalah menggunakan proyek rumah tumbuh. Apa yang dimaksud dengan rumah tumbuh ini ?.

Pernahkah Sahabat melihat rumah tetangga dengan salah satu bagiannya masih dalam tahap pengembangan. Lalu setelah beberapa bulan, Sahabat kembali melihat rumah tetangga telah lengkap.

Rumah inilah yang disebut dengan rumah tumbuh. Kurangnya dana bukanlah hambatan bagi Sahabat yang menginginkan sebuah rumah. Rumah jenis ini akan sangat bersahabat bagi keuangan, dan tentunya Sahabat bisa mengalokasikan dana yang ada terlebih dahulu untuk keperluan yang lain.

Yang pasti, Proyek Rumah Tumbuh akan memprioritaskan agar calon penghuni dapat tinggal dengan nyaman dan aman meskipun masih ada bagian yang belum bisa diselesaikan. Rumah tumbuh inilah yang sering kita lihat di kota-kota besar, seperti Yogyakarta.

Sebagai catatan akhir, tips-tips di atas tidak akan berjalan sebagaimana mestinya jika Sahabat salah dalam menentukan jasa layanan arsitek. Untuk itu, jangan pernah kompromi dalam menentukan jasa layanan arsitek untuk membangun rumah, pilihlah yang terbaik, Mulia Arsitek.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. 

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat