fbpx

Tips Memilih Sofa Untuk Ruangan Kecil

Sofa adalah salah satu perabot utama di ruang tamu dan ruang keluarga. Oleh karena itu, desain sofa yang Anda pilih sangat berpengaruh pada suasana ruangan. Ketika Anda memiliki ruangan yang kecil, sofa yang Anda gunakan juga harus bisa disesuaikan agar ruangan tidak terasa sempit. Berikut beberapa pilihan sofa yang bisa Anda gunakan untuk menyiasati luas ruangan yang kecil.

Tips memilih sofa untuk ruang tamu kecil

1. Lakukan pengukuran

Tidak hanya desain dan bahan yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi Anda, ukuran sofa ruang tamu juga harus sesuai dengan ruangan, biasanya ukuran sofa di ruang tamu kecil tidak boleh melebihi 30% dari luas lantai ruang tamu. Apalagi jika ada sekat yang menghubungkan ruang tamu dengan ruangan lainnya. Selain panjangnya, pertimbangkan juga ketinggian sandaran ke dinding. Setelah mendapatkan ukuran yang pas, sesuaikan dengan ukuran ruang tamu.

2. Mengadopsi konsep minimalis

Memiliki ruang tamu yang kecil menuntut Anda untuk cerdas dalam memilih furnitur agar ruangan tetap nyaman. Jika luas ruangan terbatas, sebaiknya gunakan sofa ruang tamu berukuran kecil dengan desain minimalis. Sofa dengan desain minimalis akan menciptakan kesan lega di ruang tamu kecil Anda.

Desain sofa yang sederhana akan membuat ruangan yang sempit terasa lebih luas, sedangkan sofa dengan motif yang semarak akan menciptakan kesan ruang yang lebih penuh.

Di ruang tamu kecil, sofa dengan warna netral tidak hanya menghadirkan ketenangan di ruang tamu, tetapi juga mudah dipadukan dengan furnitur lain di rumah, memungkinkan Anda berkreasi dengan gaya dan warna furnitur yang berbeda.

Kami merekomendasikan sofa dengan cover/sarung yang dapat dilepas dan dicuci. Selain menjaga kebersihan sofa, sarung yang dapat dilepas memungkinkan Anda me-refresh tampilan sofa dengan mudah. Jadi saat ingin suasana baru di rumah, Anda tidak perlu membeli sofa baru.

3. Sofa Multifungsi

Sofa di ruang tamu kecil harus serbaguna, misalnya bisa juga berfungsi sebagai solusi penyimpanan, dalam hal ini tidak perlu mengisi ruangan dengan banyak furnitur. Menggunakan sofa dengan penyimpanan pasti dapat menghemat lebih banyak ruang dan uang. Anda bisa memanfaatkan ruang penyimpanan di dalam sofa untuk menyimpan berbagai barang seperti bantal sofa, buku atau selimut jika teman Anda ingin menginap. Pilih sofa dengan tempat penyimpanan yang cukup besar dan cukup dalam untuk menyimpan lebih banyak barang.

Masukkan barang-barang ke dalam kotak tertutup, sebelum dimasukkan ke dalam penyimpanan bawah sofa. Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam mengatur dan membuatnya lebih mudah untuk menemukan barang yang Anda butuhkan. Selain itu, jika Anda menggunakan kotak tertutup atau tas penyimpanan, Anda dapat melindungi barang yang disimpan di sofa dari debu.

4. Cari yang mudah dipindahkan

Paling tidak, pilihlah sofa yang cukup fleksibel untuk bergerak tanpa memakan banyak tempat. Hal ini sangat berguna ketika Anda ingin menata ulang ruang tamu ataupun ketika ingin membersihkan kolong sofa dari kotoran dan debu.

Pilihan desain sofa untuk ruang tamu kecil

1. Sofa berbentuk L

sofa kecil 1
Sumber gambar : idealhome.co.uk

Sofa berbentuk L cocok untuk ruang tamu kecil karena memberikan kesan lebih luas. Selain itu, sofa ini lebih nyaman untuk Anda bersantai karena dilengkapi dengan armchair sehingga Anda dapat berbaring dan meregangkan kaki. Dan juga menawarkan banyak ruang jika Anda membutuhkan tempat duduk tamu, sampai 5 orang. Dari segi penempatan, sofa ruang tamu kecil berbentuk L sangat cocok diletakkan di tengah ruangan atau di area sudut, sehingga memudahkan Anda untuk menatanya. Anda juga bisa menggunakan sofa berbentuk L sebagai pembatas ruangan yang sempurna saat ruang tamu Anda terhubung langsung dengan ruangan lain. Jika Anda membutuhkan sofa dan solusi penyimpanan, banyak sofa berbentuk L memiliki tempat penyimpanan di dalamnya.

2. Tempat tidur sofa (sofa bed)

sofa kecil 2
Sumber gambar : Office Gap Supply

Ketika Anda tinggal di apartemen studio di mana ruang tamu dan kamar tidur menjadi satu, sofa ruang tamu kecil yang dapat diubah menjadi tempat tidur adalah pilihan yang tepat. Sofa ini memungkinkan Anda menghemat ruang dan menghemat anggaran. Namun pastikan untuk memilih tempat tidur sofa (sofa bed) yang nyaman karena sofa ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat duduk tetapi juga sebagai tempat tidur.

Jika ingin membeli sofa bed, perhatikan untuk memilih sofa dengan bahan yang ringan untuk memudahkan pembersihan atau penataan ulang furnitur. Selain bahan yang ringan, sebaiknya Anda juga memilih sofa bed dengan cover yang bisa dilepas. Hal ini penting karena sofa bed digunakan hampir 24 jam sehari, sehingga sarungnya perlu dibersihkan secara berkala. Dengan cover yang bisa dilepas, sofa akan lebih mudah dicuci.

3. Sofa dua tempat duduk

sofa kecil 3
Sumber gambar : Alita Home

Saat memilih sofa, Anda perlu menyesuaikannya dengan kondisi ruangan dan kebutuhan. Jika Anda tinggal sendiri dan luas ruang tamu terbatas, sofa dengan dua tempat duduk adalah pilihan yang tepat. Ukurannya tidak terlalu besar, cocok untuk sofa ruang tamu yang kecil. Sebelum membeli sofa ini, pastikan ruang tamu Anda diukur karena setiap model sofa memiliki lebar yang berbeda.

Sesuaikan sofa dengan desain ruang tamu Anda. Jika Anda memiliki ruang tamu berwarna putih, Anda bisa menggunakan sofa berwarna putih untuk memberikan kesan ruang yang lebih luas dan “bersih”. Selain gaya, hal utama yang harus diperhatikan adalah kenyamanan sofa yang akan dibeli. Pastikan dudukan dan sandaran sofa dapat menopang tubuh dengan baik sehingga Anda dapat merasa rileks.

4. Sofa modular

sofa kecil 4
Sumber gambar : One Kings Lane blog

Ketika tidak ada sofa ruang tamu kecil yang sesuai dengan ruangan atau selera Anda, sofa modular bisa menjadi solusi yang tepat. Sofa modular merupakan sofa yang dapat dipisahkan dan dipadukan sesuai dengan keinginan Anda. Dengan sofa modular, Anda dapat berkreasi dan membuat kombinasi tempat duduk yang sesuai dengan kebutuhan dan ukuran ruangan. Dapat digabung atau dilepas sesuka hati, hal ini membuat sofa modular sangat serbaguna untuk diletakkan dimana saja, baik di tengah ruangan maupun di sudut ruangan. Jika Anda menginginkan tata letak yang unik, Anda dapat menggabungkan beberapa sofa modular dengan warna berbeda dan tetap serasi.

Keuntungan lain menggunakan sofa modular adalah Anda bisa memiliki sofa sudut minimalis baru hanya dengan menambahkan komponen sofa modular. Jadi saat Anda pindah ke rumah baru dengan ruang tamu yang lebih luas, Anda hanya perlu membeli sofa modular tambahan. Selain itu, beberapa bagian memiliki lengan yang juga dapat dilepas dan dipasang kembali sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Nah, apakah Anda sudah memutuskan sofa mana yang cocok untuk ruang tamu Anda? Apapun model sofa yang Anda pilih, pastikan sofa tersebut terbuat dari bahan yang berkualitas agar nyaman selama bertahun-tahun ke depan.

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya: