Rumah Sehat Dan Nyaman Selama Musim Hujan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Rumah Sehat, Source : properti Mulia Arsitek
Rumah Sehat, Source : properti Mulia Arsitek

BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) memprediksi bahwa pada bulan September sampai dengan November 2021, Indonesia akan dilanda musim hujan. Musim hujan adalah musim yang banyak dinantikan oleh-oleh orang-orang, terutama bagi mereka yang bekerja sebagai petani.

Namun, tidak semua orang senang dengan datangnya musim hujan. Musim hujan yang disertai dengan angin yang kuat tentu akan sangat merepotkan orang-orang. Untuk itu, Sahabat haruslah selalu mengamalkan peribahasa “Sedia Payung Sebelum Hujan”.

Istilah ini dapat diterapkan pada bangunan yang melindungi Sahabat dari derasnya air hujan. Bangunan yang dimaksud tentu saja adalah rumah.

Dengan rumah, Sahabat dapat melihatnya derasnya air hujan dari tepi jendela sambil menikmati secangkir coklat panas. Namun, sebagaimana pelindung yang berasal dari buatan manusia sendiri, pastinya rumah juga memiliki batas tertentu.

Untuk itu, Sahabat perlu memperhatikan bagian-bagian rumah di bawah ini, agar nantinya rumah Sahabat menjadi Rumah Sehat nan Nyaman. Berikut keterangannya.

Atap Pada Rumah Yang Nyaman

Rumah Sehat Dan Nyaman Di Kala Musim Hujan
Source : rumah.com

Bagian ini adalah paling pertama yang melindungi Sahabat dari rintikkan air hujan. Karena itulah bagian inilah yang harus Sahabat perhatikan pertama kali. Perhatikan kondisi atap, apakah memiliki kerusakan, lubang ataupun bagian yang beresiko rusak atau rapuh.

Lakukan renovasi bila perlu.

Saluran Pembuangan Air

Got Depan Rumah
Souce : jawaracorpo.com

Sudah sepantasnya Sahabat memiliki rumah dengan sistem perairan yang baik. Sistem perairan yang baik ini akan sangat membantu Sahabat dari kemungkinan adanya genangan air di teras rumah.

Pastikan got maupun selokan di depan rumah Sahabat tidak mampet akibat tumpukkan sampah plastik dan lain-lain.

Plafon Pada Rumah Sehat dan Nyaman

Tips Melindungi Plafon Di Kala Musim Hujan
Source : vimvoxlab.com

Plafon yang sudah rusak, dapat dikenali dengan mudah dengan adanya tanda bekas rembesan air. Tanda tersebut menjadi tanda yang sangat mudah dikenali oleh Sahabat.

Jangan menunggu sampai tanda lain seperti tumbuhnya jamur ataupun plafon yang mulai alami perubahan warna muncul.

Pintu dan Jendela, Tips Rumah Sehat dan Nyaman

Model Pintu Rumah Minimalis
Source : Google Images

Saat musim hujan datang, pastikan bahwa pintu dan jendela yang Sahabat miliki tidak dengan mudah ditembus oleh datangnya air.

Pastikan celah celah pada pintu ataupun jendela tidak menjadi jalan masuk bagi air hujan yang datang. Penambahan bagian atap rumah yang sedikit memanjang dapat menjadi solusi agar pintu dan jendela rumah Sahabat tidak langsung berhadapan dengan datangnya air hujan.

Furniture

Tips Rumah Sehat Di Kala Musim Hujan
Source : courtina.id

Teruntuk Sahabat yang senang mengoleksi berbagai furniture berbahan kayu maupun besi, pastikan untuk selalu merawatnya terutama di kala hujan. Saat musim hujan, potensi datangnya hama seperti rayap yang masuk ke rumah merusak furniture kayu milik Sahabat, bisa saja terjadi. 

Rajin-rajinlah untuk memberikan furniture kayu tersebut dengan obat anti rayap maupun dengan pernis.

Untuk besi, kemungkinan yang bisa terjadi adalah besi menjadi lebih rentan alami korosi. Solusinya, Sahabat bisa memberikan proteksi tambahan dengan mengecatnya ulang.

Itulah beberapa bagian rumah beserta tips sederhana untuk melindunginya dari kerusakan akibat musim hujan. Dengan demikian Sahabat bisa mendapatkan Rumah Sehat dan Nyaman meski di kala hujan

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.  

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat