Rumah Tumbuh Solusi Bangun Rumah Untuk Budget Terbatas

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Rumah Tumbuh Proyek Mulia Arsitek
Rumah Tumbuh, Source : properti Mulia Arsitek

Pernahkah Sahabat mendengar konsep rumah tumbuh ?. Sebagian dari Sahabat mungkin berpikir bahwa rumah tumbuh adalah rumah minimalis. Kenyataannya tidak demikian.

Rumah ini adalah rumah yang hadir sebagai solusi untuk mereka yang membangun rumah, namun terkendala dengan dana serta lahan yang terbatas. Pembangunan rumah ini dirancang agar mengikuti kemampuan pembayaran pemilik rumah.

Prioritas utamanya tentu saja adalah dengan membangun ruangan layak tinggal bagi pemilik terlebih dahulu. Rumah jenis ini sendiri terbagi atas dua jenis yakni vertikal dan horizontal.

Jenis Rumah Tumbuh 

Rumah Tumbuh Vertikal

Rumah tumbuh vertikal adalah desain rumah yang dibangun untuk mempunyai tingkat ke atas. Bagian atas tentu saja adalah bagian yang selanjutnya akan di bangun setelah pemilik memiliki cukup dana.

Aplikasi rumah ini banyak digunakan pada lahan yang tidak begitu luas.

Rumah Tumbuh Horizontal

Sesuai dengan namanya, rumah tumbuh jenis ini dibangun ke arah samping. Rumah jenis ini tidak banyak memusingkan jasa kontraktor dalam pemilihan material pondasi.

Tips Membangun Rumah Tumbuh

Untuk dapat membangun rumah ini, Sahabat perlu memperhatikan 3 hal di bawah ini. 3 hal tersebut adalah;

Memprioritaskan Anggaran Yang Ada Untuk Ruang-Ruang Primer

Meskipun konsep utama dari rumah ini sendiri adalah memprioritaskan ruang-ruang utama agar pemilik rumah dapat tinggal dengan layak, hal itu tidak akan terjadi bila pemilik rumah cenderung egois.

Oleh sebab itu perlu adanya keselarasan berpikir antara jasa kontraktor dengan pemilik, terutama dalam menetapkan ruang-ruang terpenting terlebih dahulu.

Memperhatikan Luas Lahan

Pastikan bahwa luas lahan yang Sahabat miliki cukup untuk membangun rumah jenis vertikal maupun rumah tumbuh jenis horizontal. Untuk yang ingin punya rumah tumbuh jenis horizontal, Sahabat harus memperhatikan fondasi yang kuat untuk lantai 2.

Gunakan bahan-bahan yang memang umum digunakan. 

Infrastruktur Rumah Yang Memadai

Infrastruktur yang dimaksud seperti saluran aliran listrik, air dan juga pembuangan. Pastikan ketiga saluran tersebut tidak terganggu selama proses pembangunan rumah berlangsung.

5 Inspirasi Desain Rumah Tumbuh Kekinian

Desain Rumah 3 Lantai

Rumah Tumbuh
Source : 99.co

Inspirasi desain pertama, adalah solusi untuk Sahabat yang memiliki rumah tipe 36 dan sudah memiliki banyak anggota keluarga. Bentuk rumah ini sendiri termasuk kedalam jenis vertikal.

Desain Ala Kompak

Rumah Kompak
Source : Google Images

Berikutnya adalah inspirasi desain rumah ala kompak. Rumah ala kompak sendiri adalah rumah lengkap dengan mebelnya yang didesain secara maksimal berdasarkan kebutuhan aktivitas penghuninya.

Pengertian ini dilansir Mulia Arsitek dari keterangan Dosen Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain (FRSD) UNS Solo, Mulyadi dari Solopos.com

Desain Rumah Tumbuh Vertikal Untuk Usaha

"Desain

Di nomor ketiga ada inspirasi desain rumah jenis vertikal. Desain ini dapat Sahabat jadikan sebagai referensi untuk membangun investasi bisnis rumah kos.

Desain Tema Minimalis Japandi

Desain Rumah Tumbuh Tema Japandi
Source : Google Images

Baca juga : Mengapa Jepang Menjadi Kiblat Gaya Minimalis Modern ?

Konsep Zen atau konsep yang mendekatkan pemilik rumah dengan alam memang konsep desain rumah yang tidak akan lekang oleh waktu. Pelopor utama dari Zen ini tentu saja adalah Negeri Matahari Terbit, Jepang. 

Meskipun terkesan minimalis, rumah ini juga menekan konsep lain yakni modern dengan garis-garis simetris dan pencahayaan yang maksimal.

Desain Dengan Konsep Split Level

Split Level Rumah
Source : Google Images

Rumah dengan konsep split level adalah rumah dengan karakteristik bangunan yang bagian tertentu memiliki ketinggian lantai antara lantai dasar dengan langit-langit. Lebih mudah dipahami sebagai rumah di mana setiap lantainya saling bergantung.

Desain rumah ini dikenal dan populer sejak abad pertengahan 20 di wilayah Amerika Utara. Sirkulasi udara dan cahaya menjadi lebih baik untuk rumah tipe 36. Sangat cocok untuk Sahabat yang mencari referensi membangun rumah pada lahan berkontur.

Split Level
Source : Google Images

Itulah definisi rumah ini, dilengkapi dengan penjelasan jenis dan inspirasi desain. Apabila Sahabat berminat untuk membangun rumah jenis ini, maka Sahabat dapat menggunakan jasa konstruksi dan arsitektur terbaik.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.  

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat