Jogja Office
Jl. Bendo No.17, Wedomartani, Ngemplak, Sleman - D.I. Yogyakarta

Bogor Office
Jl. Pasir Mulya 3 No.L.12, RT.02/RW.07, Pasirmulya, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat

Jam Kerja
Senin - Sabtu: 8AM - 4PM
Minggu & Hari Libur Nasional (Libur)

Warna Lampu Penentu Mood & Psikologis Penghuni Rumah

Lampu menjadi kebutuhan umum penerang gelapnya malam. Namun selain berperan sebagai alat penerangan, bila digunakan dengan baik, lampu juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan nilai estetika rumah; dan dapat berdampak pada psikologis penghuninya. Dengan pencahayaan yang baik dapat menciptakan suasana hangat; yang sekaligus – berdampak pada kenyamanan dan mood penghuninya.

lampu 01
Source : Engel Volkers

Bagaimana memaksimalkan fungsi lampu dalam ruang pada akhirnya bergantung pada banyak hal. Ini bisa berupa teknik pencahayaan, pemilihan material dan kualitas lampu, penempatan/letaknya di dalam ruangan. Proses pemilihan lampu sendiri merupakan salah satu yang tidak bisa diremehkan.

 

Cara memilih lampu yang tepat

Disesuaikan dengan konsep ruang. Apapun jenisnya, entah itu lampu LED, lampu belajar, lampu dinding, lampu meja, atau bahkan lampu hias klasik, coba disesuaikan dulu dengan konsep ruang. Misalnya, ruangan minimalis tentu cocok dengan desain ringan yang cenderung simpel – dengan pilihan warna yang menyejukkan dan “nyaman” dipandang mata. Sementara itu, juga harus mengetahui kebutuhan pencahayaan dalam ruangan. Baik itu lampu langit-langit, dekorasi dinding, atau sekadar elemen dekoratif lainnya, cobalah untuk mempertimbangkan kebutuhan ruang Anda.

lampu 0
Source : Pinterest

Ciptakan suasana yang berbeda untuk setiap ruang. Setidaknya kita mengetahui tentang tiga golongan fungsi pencahayaan dalam ruang. Fungsi-fungsi tersebut, yaitu (1) menciptakan kenyamanan bagi pengguna; (2) menciptakan nuansa dan (3) menambah nilai estetika. Untuk mencapai fungsi kedua, pertama-tama Anda dapat memisahkan bagian ruangan dari rumah; kemudian pilih lampu yang sesuai untuk fungsi tersebut.

Posisi lampu sangat penting. Rumah yang nyaman dapat dibuat dengan berbagai cara. Mengenai lampu, salah satu tips yang paling penting adalah memastikan posisi lampu. Untuk ini, segera tentukan titik pencahayaan akhir yang “mendukung” fungsi tersebut. Misalnya, penggunaan lampu di foyer tidak hanya untuk penerangan ruangan; tetapi juga untuk “menerima tamu”, menciptakan kesan yang lebih hangat dan indah.

Ukuran lampu. Untuk ruangan dengan luas yang kecil, tentunya akan lebih tepat menggunakan lampu dengan ukuran yang sepadan (kecil). Tujuannya adalah untuk menghindari perasaan terkekang, di sisi lain juga mempengaruhi jiwa orang yang duduk di dalamnya.

Pertimbangkan penganggaran untuk pembelian dan pemeliharaan lampu. Selain mempertimbangkan anggaran Anda terlebih dahulu saat membeli lampu, pastikan Anda tidak perlu membayar kelebihan listrik di kemudian hari dengan memilih lampu yang salah. Solusinya, gunakan lampu hemat energi dan berkualitas tinggi.

Petunjuk untuk memilih warna lampu

temperatur-lampu
Source : Pinterest

Setiap warna cahaya dapat menciptakan kesan dan perasaan tersendiri. Sebagai panduan, berikut tiga warna lampu yang biasa digunakan pada rumah-rumah di Indonesia.

  • Kuning.

Gunakan di pintu masuk, ruang tamu, ruang keluarga dan kamar mandi. Pasalnya, lampu kuning memiliki kemampuan merangsang penghuninya untuk bergerak dan beraktivitas. Semakin kuat warna kuningnya, semakin aktif mood didasarkan pada psikologi manusia.

  • Putih.

Gunakan warna putih untuk memberikan kesan cerah pada ruang tamu, ruang keluarga atau bahkan ruang kerja Anda. Harus diingat bahwa cahaya putih yang terlalu terang berisiko menyilaukan. Solusinya, coba imbangi dengan lampu putih susu di dalam ruangan.

  • Putih kebiruan.

Cahaya putih-kebiruan telah terbukti membantu orang rileks dan cepat tertidur. Untuk tidur yang berkualitas, Anda bisa menggunakan lampu tidur jenis ini di ruang tamu keluarga atau bahkan di kamar tidur.

lampu led
Source : Pinterest

Sangat mudah untuk mengabaikan pentingnya pencahayaan dalam mendesain ruangan. Namun memilih jenis cahaya yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam bagaimana pencahayaan mempengaruhi suasana hati dan persepsi.

Inilah hal-hal yang harus Anda perhatikan untuk mewujudkan hunian yang nyaman melalui pemilihan pencahayaan. Sebagai catatan singkat, Anda harus mempertimbangkan jumlah anggaran yang harus Anda keluarkan; misalnya dengan memilih lampu hemat energi (LED) atau membaginya sesuai fungsi dan kebutuhan ruang.

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya:

Open chat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Admin Mulia Arsitek!
Saya Ingin konsultasi terkait Desain / Renovasi / Bangun baru Terima kasih