4 Contoh Terkenal Arsitektur Islam

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Kubah Shakhrah di Yerusalem, Israel

arsitektur islam 1
Sumber gambar : detikcom

Berasal dari abad ke-7, Kubah Shakhrah yang terkenal ini adalah monumen Islam tertua yang masih berdiri di dunia. ‘Dome of the Rock’ adalah bangunan Islam pertama yang memiliki kubah bergaya Bizantium. Sebuah bangunan persegi delapan berkubah emas yang terletak di tengah kompleks Masjid Al Aqsha. Bangunannya sendiri dihiasi dengan mozaik bunga dan pola geometris yang indah.

arsitektur islam 2
Sumber gambar : hotcore.info

Taj Mahal di Agra, India

arsitektur islam 3
Sumber gambar : Reddit

Salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia, Taj Mahal disebut-sebut sebagai contoh paling terkenal dari arsitektur Islam. Menggabungkan elemen arsitektur Persia, India, dan Islam, kompleks mausoleum abad ke-17 yang luas ini telah menjadi salah satu tempat wisata paling populer di dunia. Taj Mahal langsung dapat dikenali berkat makam marmer putihnya yang mengesankan. Ditambah detail yang rumit, seperti batu hias berharga dan kaligrafi Arab membuat Taj Mahal tampil memukau.

Baca juga : Mengenal Sejarah Arsitektur Islam

arsitektur islam 9
Sumber gambar : Reddit

Istana Alhambra di Granada, Spanyol

arsitektur islam 5
Sumber gambar : MPV LANDSKAP DAN NURSERI

Alhambra adalah istana sekaligus benteng abad ke-14 yang dibangun di atas dataran tinggi yang menghadap Granada, Spanyol. Meskipun kompleks ini telah kehilangan beberapa struktur aslinya selama 700 tahun terakhir, yang tersisa adalah contoh ornamen arsitektural Islam yang menakjubkan. Ada kayu berukir dan plesteran, ubin warna-warni, kaligrafi, dan muqarnas (ragam dekoratif dalam arsitektur tradisional Islam dan Persia) yang menghiasi ‘Court of Lions’ di jantung Alhambra.

arsitektur islam 10
Sumber gambar : BBC

Pusat Kebudayaan Heydar Aliyev di Baku, Azerbaijan

arsitektur islam 7
Sumber gambar : New Atlas

Contoh terkenal dari versi modern gaya arsitektur Islam. Ini adalah bangunan pusat budaya pemenang penghargaan tahun 2013 yang dirancang oleh arsitek berkebangsaan Irak-Inggris, Zaha Hadid. Heydar Aliyev Center menafsirkan kembali aliran karakteristik elemen arsitektur yang ditemukan dalam desain tradisional Islam, berpadu dengan tradisi berabad-abad sambil tampil sangat kontemporer.

arsitektur islam 8
Sumber gambar : DestinAsian Indonesia

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya: