7 Tips Desain Kost Muslim Banyak Peminat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

7 Desain Kost Muslim Banyak Peminat

Pastinya Sahabat pernah mendengar istilah Kost Muslim di kota-kota besar. Kost Muslim hanya sebutan bahwa yang tinggal di kost tersebut adalah muslim. Lalu apakah non muslim dilarang berkunjung ?, tentu saja tidak ya.

Kost Muslim adalah kost yang menjunjung tinggi nilai-nilai islami di dalamnya. Salah satu nilai yang paling ditekankan pada tipe kost ini adalah tidak bolehnya terjadi campur baur antara yang bukan muhrim.

Kost jenis ini sering dijumpai di kota-kota besar, dan mungkin paling banyak Sahabat jumpai di Yogyakarta. Kota yang dikenal sebagai kota pelajar dan juga memiliki budaya “mahasiswa ngaji” cukup banyak.

Dengan memasang label “Kost Muslim” pada bisnis kost yang Sahabat miliki, tentunya akan lebih mudah menarik banyak peminat, terutama bagi mereka yang ingin memperdalam ilmu agama.

Ada banyak konsep ide desain hunian muslim yang bisa Sahabat berikan pada bisnisnya ini. Sebelum lanjut, perlu Sahabat tekankan bahwa kost muslim tidaklah identik dengan kost yang membosankan. Justru kost bertema islami ini akan memberikan banyak kenyamanan bagi mereka yang menempatinya.

Berikut ini adalah 7 tips desain hunian muslim agar banyak peminat;

1. Tempatkan Kamar Mandi Di Dalam Kamar Kost

Desain Kost Muslim Banyak Peminat
Source : rukita.co

Seorang muslim memiliki kewajiban untuk selalu bangun pagi di waktu subuh. Untuk itu, hunian muslim perlu memfasilitasi penghuninya dengan fasilitas yang terbaik. Salah satunya adalah dengan menempatkan kamar mandi di dalam kamar.

Agar tidak terkesan lembab, maka tempat cukup sirkulasi udara yang masuk ke dalam kamar. Berikan pula dipan pada tempat tidur yang ada, agar kasur tidak mudah terkena cipratan air setelah penghuni selesai mandi pagi.

2. Tempatkan Setiap Kamar Agar Selalu Berhadapan

Kost Muslim Banyak Peminat
Source : rumah.com

Salah satu nilai islam adalah kebersamaan. Dengan menempatkan setiap kamar berhadapan, maka antara satu penghuni dengan penghuni lainnya bisa untuk saling mengingatkan serta juga mengawasi.

Baca juga : Pahami Tipe Tipe Rumah Populer Di Indonesia

3. Sediakan Furniture Bernuansa Islami

Sediakan Furniture Bernuansa Islami
Source : dekorumah.net

Sudah barang tentu furniture bernuansa islami akan ada di kamar tiap penghuni. Bagian ini bisa Sahabat persiapkan tentunya, setelah bangunan fisik selesai. Sahabat bisa menambahkan ornamen bergaya islami seperti memberikan lukisan atau mural berbentuk teks yang bisa memotivasi seseorang menjadi lebih baik.

Tentunya dengan fokus untuk memberikan kesan kost muslim lebih berasa.

4. Ruang Terbuka Bersama Di Kost Muslim

Ruang Terbuka Bersama
Source : Google Images

Salah satu Sunnah Rasulullah adalah berbagai makanan bersama. Jika Sahabat memiliki cukup dana, Sahabat menempatkan 1 ruangan bersama di bagian teras hunian muslim untuk membuat ruangan khusus untuk berkumpul.

Ruangan ini nantinya bisa penghuni gunakan untuk saling bertegur sapa dengan penghuni kost lainnya, ruangan makan bersama, mengaji bersama atau untuk menyambut teman yang bukan muhrim di ruangan terbuka. Tujuannya sudah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Tempatkan 1 Pos Untuk Satpam

Sediakan 1 Pos Satpam
Source : Google Images

Faktor keamanan adalah harga mati dari setiap hunian, tak terkecuali dengan hunian bertemakan islami. Sahabat bisa menempatkan 1 ruangan khusus yang mendekati ruangan pintu masuk dan keluar pekarangan kost.

6. Pencahayaan Matahari Pagi Yang Cukup

Sediakan Cukup Ruang Kamar Kost Untuk Dapat Menerima Sinar Matahari
Source : pixnio.com

Tips ini berkaitan dengan tips yang pertama. Sebisa mungkin untuk Sahabat memberikan banyak ventilasi cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Selain itu untuk menghindari gerah, ventilasi cahaya tersebut juga akan membantu Sahabat mengurangi beban listrik di pagi hari.

7. Gunakan Kaca Rayban Hitam

Kaca Rayban Hitam
Source : properti Mulia Arsitek

Tips yang terakhir, adalah tips yang cocok untuk Sahabat terapkan pada jenis hunian muslim, khusus untuk akhwat. Dengan menggunakan kaca rayban, akan bisa menjaga privasi penghuni dari pandangan orang di luar rumah. 

Mengapa bisa seperti itu ?, karena kaca Rayban Hitam, memiliki tambahan khusus berupa metal hitam, dan tebalnya mencapai 5 mm dan 6 mm.

Apabila Sahabat ingin mendapatkan konsultasi lebih mengenai membangun hunian khusus muslim, Sahabat bisa menghubungi jasa arsitek terbaik Mulia Arsitek. Teruntuk yang di Yogyakarta, Sahabat bisa segera merencanakan bisnis bangun hunian muslim di daerah Universitas Islam Indonesia. Hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Baca juga : Bangun Kost-Kostan Di Daerah Dekat UII Jogja

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. 

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat