8 Inspirasi Ruang Makan Untuk Suasana Makan Yang Berbeda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Ruang Makan Desain Mulia Arsitek
Ruang Makan, Source : properti Mulia Arsitek

Sebutkan ruangan yang anggota keluarga dapat saling berkumpul dan bercanda tawa bersama ?.

Salah satu ruangan yang mungkin akan Sahabat sebutkan adalah ruang makan.

Ruangan yang memang dikhususkan untuk makan ini, kerap kali menghadirkan suasana kebersamaan dengan keluarga. Apalagi di hari-hari besar, seperti berbuka puasa bersama, ataupun menerima saudara yang datang jauh dari kampung, 

Di ruang makan inilah biasanya anggota keluarga berkumpul bersama menghabiskan sekitar 30 menit untuk bersiap menghadiri kegiatannya masing-masing. Orang tua yang bersiap untuk berangkat pagi ke kantor, dan juga anak-anak yang berangkat pagi ke sekolah.

Tapi, pernahkah Sahabat merasa bosan terhadap desain interior yang itu-itu saja ?.

Berikut ini adalah 8 inspirasi ruang makan untuk suasana makan yang berbeda.

1. Membuat Meja Dapur Menjadi Meja Makan Mini

Ruang Makan Dengan Meja Mini
Source : dekoruma.com

Teruntuk orang tua yang bekerja dari rumah, meja dapur dapat dialih fungsikan menjadi menjadi meja makan mini. Tentunya menyesuaikan dengan namanya, meja makan mini biasanya digunakan oleh Ayah dan Ibunda untuk mengobrol masalah rumah, sembari menunggu Si Buah Hati pulang dari sekolah.

Di masa pandemi, tentunya meja makan ini bisa digunakan untuk ngobrol bersama Ayah dan Ibu di malam hari sambil ngemil.

2. Ruang Makan Bertemakan Jepang

Ruang Makan Bertema Jepang
Source : Hipwee

Bagi Sahabat yang suka menonton film Jepang maupun Korea, pasti pernah melihat 1 keluarga yang makan bersama dengan di satu meja, lesehan. Sebenarnya konsep ini juga dari dulu diadopsi oleh Indonesia.

Bedanya, interior desain dari ruangan makan Jepang bersifat all in one. Satu meja makan tersebut bisa dilipat untuk kemudian menjadi ruang tidur keluarga.

Konsep ini sangat cocok untuk warga Indonesia yang rata-rata lebih suka untuk makan secara lesehan.

3. Konsep Stainless Steel

Meja Makan Dengan Bahan Stainless Steel
Source : Google Images

Stainless Steel adalah bahan utama yang sering digunakan untuk peralatan dapur.

Dipilihnya stainless steel tidak lain adalah sifat alaminya yang tahan akan karatan. Selain itu, stainless steel termasuk bahan yang mudah dibersihkan, dan ucapkan selamat tinggal pada noda yang membandel.

Peringatan sebelumnya, mungkin Sahabat diharuskan untuk memiliki cukup dana sebelumnya.

4. Ruang Makan Bertemakan Garden

Meja Makan Dengan Tema Kebun / Garden
Source : cekbahanbangunan.com

Meskipun bertema garden, bukan sepenuhnya keluarga Sahabat akan makan di dalam kebun.

Cukup rak gantung yang nanti bisa Sahabat gunakan untuk menempatkan pot bunga. Memilih untuk pot bunga model gantung juga bisa jadi alternatif terbaik. Konsep ini sangat cocok untuk Sahabat yang memiliki pasangan dengan hobi berkebun.

5. Kombinasi Warna Warni Cocok Untuk Anak

realestat.id
Source : realestat.id

Tahukah Sahabat, dengan menggunakan kombinasi warna warni pada ruangan makan, akan menambah nafsu makan anak secara tidak langsung. Konsep ini memang merupakan konsep yang meriah, dan mungkin nantinya Sahabat butuh lebih banyak furniture untuk menghiasi berbagai aspek dalam ruang makan.

Mulai dari dinding, wastafel ataupun hiasan pada kulkas.

6. Memilih Model Meja Bundar

Dekorumah
Source : dekoruma.com

Konsep meja bundar untuk meja terkesan jarang di mata pemilik rumah. Umumnya mereka akan memilih model meja makan dengan bentuk memanjang. Namun, terdapat banyak kelebihan untuk pemilihan model meja bundar di dalam ruang makan.

Meja jenis ini sangat cocok untuk Sahabat yang memiliki anggota keluarga tidak terlalu banyak, seperti memiliki 1 orang anak tunggal. Selain itu, meja ini akan membuat orang tua lebih mudah berkomunikasi dari hati ke hati kepada anak tentang masalah yang mereka hadapi.

7. Konsep Meja Makan Model Laci

Meja Makan Dengan Konsep Laci
Source : dekoruma.com

Apabila Sahabat masih belum memiliki keluarga dan tinggal di rumah sendiri, maka model meja makan dengan bentuk laci ini bisa jadi pilihan terjadi. Dengan memilih meja makan berbentuk laci ini, akan banyak menghemat ruang yang ada atau space-saving untuk menaruh peralatan makan

8. Ruang Makan Bersifat Outdoor.

Suasana Makan Di Outdoor
Source : Google Images

Yang terakhir adalah ruang makan bersifat outdoor. Terdengar ekstrem untuk Sahabat memang, terlebih ketika cuaca tidak mendukung.

Namun, dengan memberi nuansa bebas dari dalam ruangan, akan memberikan pengalaman baru tersendiri untuk pemilik rumah. Solusi untuk mengatasi datangnya cuaca yang tak mendukung seperti hujan rintih-rintih adalah dengan memasang tenda portabel.

Ruang makan jenis outdoor biasanya ada pada rooftop.

Baca juga : 6 Desain Rooftop Keren Untuk Rumah Minimalis

Itulah 8 inspirasi ruang makan untuk suasana makan yang berbeda. Apabila Sahabat memiliki masalah dengan ruang makannya, apalagi terkait masalah dapur, maka Sahabat bisa memanggil jasa renovasi dapur terbaik, Mulia Arsitek

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. 

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat