Ini 8 Peralatan Yang Harus Kamu Miliki Saat Banjir Datang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Antisipasi Dampak Parah Rumah Kebanjiran
Source : marketeers.com

Rumah Kebanjiran.

Bmkg.go.id telah merilis dokumen prakiraan daerah potensi banjir update pada 10 oktober 2021. Dari data-data tersebut diperoleh bahwa curah hujan di beberapa tempat masih akan tinggi dan berpotensi mendatangkan hujan menuju akhir tahun dan awal tahun 2022.

Dari data tersebut diperoleh bahwa daerah Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Tenggara memiliki tingkat potensi banjir yang tinggi. Di daerah Jawa, tepatnya di Jawa Barat, kawasan Ciamis, Kuningan, Majalengka, Sumedang, Tasikmalaya juga memiliki tingkat potensi banjir yang tinggi.

Untuk informasi lebih lanjut, Sahabat bisa mendownload dokumentasi langsung dari web bmkg.go.id. 

Faktor curah hujan yang tinggi, sungai yang dangkal, dan kebiasaan buruk membuang sampah ke sungai menjadi penyebab potensi banjir meningkat. Untuk masalah ini, pemerintah setempat harus dapat bekerja sama dengan baik kepada masyarakat, untuk menumbuhkan rasa peduli akan lingkungan.

Hal ini perlu dilakukan untuk solusi jangka panjang. Untuk solusi jangka pendeknya, atau lebih tepatnya untuk kala banjir terjadi, Sahabat bisa menambahkan beberapa peralatan di bawah ini untuk meminimalisir dampak banjir.

Berikut penjelasan daripada peralatan-peralatan tersebut;

Rompi Pelampung,

Rompi Pelampung Menimimalisir Dampak Banjir
Source : shopee.co.id

Ketinggian banjir bisa dari semata kaki, selutut atau bahkan sedada orang dewasa. Memiliki rompi pelampung tentunya akan sangat membantu Sahabat. Terlebih untuk yang tidak bisa berenang dan juga untuk anak-anak.

Duffle Bag

Duffle Bag Untuk Meminimalisir Dampak Rumah Kebanjiran
Source : amazon.com

Berikutnya adalah memiliki duffle bag. Duffle bag ini berfungsi untuk memudahkan Sahabat membawa dokumen-dokumen penting, beberapa baju, dan makanan ringan, serta obat-obatan selama menunggu proses evakuasi berlangsung. 

Lampu Darurat Untuk Rumah Kebanjiran

Lampu Darurat Saat Rumah Kebanjiran
Source : Youtube Creative boy93

Yang ketiga adalah dengan mempersiapkan lampu darurat banjir. Lampu ini akan sangat membantu Sahabat untuk mengatasi pemadaman listrik. Sebagaimana kita tau, genangan air di dalam rumah, bisa menjadi konduktor untuk panas, termasuk listrik.

Untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya untuk menggunakan listrik ketika hanya akan benar-benar diperlukan.

Sleeping Bag Untuk Rumah Kebanjiran

Sleeping Bag
Source : shopee.co.id

Saat banjir, ada banyak hal yang harus kita relakan. Salah satunya adalah kenyamanan saat tidur, Sahabat tidak bisa lagi tidur ditempat biasa, dan memang lebih baik mencari tempat yang lebih tinggi di dalam rumah agar tidak terkena genangan air.

Sahabat bisa menyimpan sleeping bag yang tahan air dan angin, sehingga dapat menghangat tubuh Sahabat.

Genset Untuk Rumah Kebanjiran

Genset Untuk Keperluan Mendadak
Source : dpspower.co.id

Memiliki genset saat banjir sangatlah diperlukan. Listrik yang padam bisa menghambat kegiatan kita, terutama saat di malam hari.

Menyediakan Pasokan Air Minum Yang Bersih

Botol Stainless Steel
Source : Google Images

Selanjutnya adalah menyiapkan pasokan air minum yang bersih. Saat banjir, akan sulit bagi kita untuk mendapatkan air bersih karena air yang akan kita minum sudah bercampur dengan air bersih.

Oleh karenanya, sediakan pasokan air minum yang bersih dan disimpan pada botol atau wadah yang kokoh dan tahan panas. Salah satunya adalah dengan menggunakan botol minum berbahan stainless steel.

Powerbank

Powerbank untuk Keperluan Darurat Seperti Rumah Kebanjiran
Source : aabcooling.com

Di nomor 7 ada power bank. Keberadaan powerbank  ini akan membantu Sahabat untuk dapat terus terhubung dengan orang lain melalui sambungan telepon.

Alat Pembersih Rumah

Alat Pembersih Rumah
Source : lontar.id

Yang terakhir adalah alat pembersih rumah. Sahabat bisa menyebutkan alat-alat pembersih rumah pada umumnya, seperti sapu, sapu lidi, kain pel, maupun mesin penyedot debu. Alat-alat ini bisa Sahabat gunakan selepas banjir mereda.

Baca juga : Tips Untuk Merapikan Kulkas Agar Enak DiPandang

Itulah beberapa peralatan yang wajib Sahabat miliki untuk meminimalisir dampak rumah kebanjiran. Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.  

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat