4 Bukti Perkembangan Islam dalam Bidang Seni Arsitektur

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Bukti Perkembangan Islam dalam Bidang Seni Arsitektur. Memang, Islam telah memberikan sumbangan yang besar dalam bidang seni arsitektur selama berabad-abad, terutama di wilayah yang telah mendapatkan pangaruh agama Islam. Beberapa contoh bukti perkembangan islam dalam bidang seni arsitektur adalah sebagai berikut:

  1. Masjid-masjid. Masjid merupakan tempat ibadah yang sangat penting bagi umat Islam. Masjid-masjid di berbagai wilayah telah mengalami perkembangan dari masa ke masa, dengan desain yang mencerminkan kebudayaan dan arsitektur lokal. Contoh masjid terkenal yang merupakan bukti perkembangan islam dalam bidang seni arsitektur adalah Masjid Al-Haram di Mekkah, Masjid Nabawi di Madinah, dan Masjid-Masjid di Istanbul serta beberapa Masjid di Eropa dan Afrika.
  2. Kota-kota Islam. Kota Islam seperti Cordoba di Spanyol, Istanbul di Turki, dan Samarkand di Uzbekistan merupakan contoh kota yang telah mengalami perkembangan besar selama masa kejayaan Islam. Beberapa kota ini terkenal dengan kekayaan arsitektur dan seni yang luar biasa, dengan bangunan-bangunan yang indah dan terkenal seperti Mezquita di Cordoba, Katedral Hagia Sophia di Istanbul, dan Mausoleum Gur-e Amir di Samarkand.
  3. Taman-taman: Taman-taman islam juga merupakan bagian penting dari arsitektur islam. Taman-taman ini biasanya lengkap dengan air mancur, taman bunga, dan tempat duduk untuk bersantai. Contoh taman terkenal yang merupakan bukti perkembangan islam dalam bidang seni arsitektur adalah Taman Alhambra di Granada, Spanyol, Taman Al-Azhar di Kairo, Mesir, dan Taman Taj Mahal di Agra, India.
  4. Bangunan-bangunan islam: Bangunan-bangunan islam juga menunjukkan perkembangan yang besar dalam bidang seni arsitektur. Contoh bangunan terkenal yang merupakan bukti perkembangan islam dalam bidang seni arsitektur adalah Menara Koutoubia di Marrakech, Maroko, Palacio de la Alcazaba di Malaga, Spanyol, dan Katedral Hagia Sophia di Istanbul, Turki.

Tokoh Arsitek Islam Dunia dan Buki Perkembangan Islam dalam Bidang Seni Arsitektur

Dibalik pembangunan sebuah banguan monumental, apalagi yang syarat dengan sentuhan islam, tentu ada sosok hebat dibaliknya. Sosok hebat itu adalah sang arsitek itu sendiri. Ada banyak tokoh arsitek islam yang telah memberikan sumbangan yang besar dalam bidang arsitektur di seluruh dunia. Beberapa, dari tokoh arsitek islam terkenal tersebut, penulis sajikan dalam artikel ini. Toko yang mungkin perlu Anda ketahui:

  1. AlAl-Andalusi merupakan arsitek islam terkenal yang hidup di Spanyol pada abad ke-10. Ia dikenal dengan karyanya yang mencakup Masjid Aljama di Cordoba, Masjid Aljama di Valencia, dan Masjid Aljama di Seville.
  2. Sinan adalah seorang arsitek terkenal yang hidup di Turki pada abad ke-16. Ia dikenal dengan karyanya yang mencakup Katedral Hagia Sophia di Istanbul, Masjid Suleymaniye di Istanbul, dan Mausoleum Gur-e Amir di Samarkand.
  3. Fazlur Rahman Khan merupakan arsitek terkenal yang lahir di Bangladesh pada tahun 1929. Ia dikenal dengan karyanya yang mencakup Bangunan Willis Tower di Chicago, Bangunan Bank of America Plaza di Tampa, dan Bangunan John Hancock Center di Chicago.
  4. Zaha Hadid merupakan arsitek terkenal yang lahir di Irak pada tahun 1950. Ia dikenal dengan karyanya yang mencakup Bangunan Guangzhou Opera House di China, Bangunan MAXXI di Roma, Italia, dan Bangunan London Aquatics Centre di Inggris.
  5. Imad Hassan merupakan arsitek terkenal yang lahir di Mesir pada tahun 1954. Ia dikenal dengan karyanya yang mencakup Bangunan King Abdullah Financial District di Riyadh, Arab Saudi, Bangunan King Abdullah Sports City di Jeddah, Arab Saudi, dan Bangunan King Abdullah Petroleum Studies and Research Center di Riyadh, Arab Saudi.

Bukti Perkembangan Islam dalam Bidang Seni Arsitektur di Indonesia

Di Indonesia sendiri, tidak banyak tokoh arsitek islam yang terkenal dengan karya-karyanya. Karena, publikasi tentang mereka memang belumlah massif. Tetapi, penulis punya referensi dua orang untuk Anda. Mereka adalah

  1. Frederich Silaban: Frederich Silaban merupakan arsitek terkenal yang lahir di Medan, Sumatra Utara, pada tahun 1908. Ia terkenal dengan karyanya yang mencakup Masjid Istiqlal di Jakarta,
  2. Ridwan Kamil : Ridwan Kamil adalah seorang arsitek dan politisi Indonesia yang lahir pada tahun 1974. Ia terkenal dengan karyanya dalam bidang arsitektur, terutama dalam desain masjid. Berikut adalah beberapa masjid yang merupakan buah goresan arsitektur islami dari Ridwan Kamil:
  • Pertama, Masjid Agung Bandung. Masjid Agung Bandung merupakan masjid terbesar di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Masjid ini hasil rancangan oleh Ridwan Kamil pada tahun 2016, dengan desain yang menggabungkan elemen-elemen modern dan tradisional.
  • Kedua, Masjid Raya Baiturrahman. Masjid Raya Baiturrahman merupakan masjid terbesar di Aceh, Indonesia. Masjid ini adalah hasil desain Ridwan Kamil pada tahun 2014, dengan desain yang mengombinasikan elemen-elemen arsitektur islam dan Aceh.
  • Ketiga, Masjid Al-Mashun. Masjid Al-Mashun merupakan masjid terbesar di Jambi, Indonesia. Masjid ini juga adalah buah karya arsitek Ridwan Kamil pada tahun 2013, dengan desain yang menggabungkan elemen-elemen arsitektur islam dan Jambi.
  • Keempat, Masjid Agung Palembang. Masjid Agung Palembang merupakan masjid terbesar di Palembang, Indonesia. Masjid ini hasil karya Ridwan Kamil pada tahun 2012, dengan desain yang menggabungkan elemen-elemen arsitektur islam dan Palembang.
  • Kelima, Masjid Al-Azhar. Masjid Al-Azhar merupakan masjid terbesar di Cirebon, Indonesia. Masjid ini hasil rancangan Ridwan Kamil pada tahun 2011, dengan desain yang menggabungkan elemen-elemen arsitektur islam dan Cirebon.

Konsultasi Arsitektur Masjid di Mulia Arsitek

Anda ingin membangun rumah atau kantor dengan sentuhan arsitektur islami? Anda ingin membangun Masjid yang kental nilai islaminya? Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain banguanan yang islami dengan tim kami di Mulia Arsitek tentu, untuk mendapatkan desain interior dan eksterior yang Islami. Hubungi Admin kami di WA kami yah, wa.me/628112648986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    5 Elemen Penting Gaya Victoria

    Bagi Anda yang anti-dekorasi modern dan mendambakan ruang yang romantis dan nyaman ala Eropa, maka gaya Victoria sangat cocok untuk mengembalikan rumah Anda ke era

    Read More »

    Di Balik Gaya: Dekorasi Maroko

    Gaya bohemian adalah pilihan ideal bagi orang yang ingin merangkul gaya dan tema dari banyak budaya dan disiplin ilmu. Dalam hal desain interior bohemian, tidak

    Read More »

    Mihrab

    Ciri khas arsitektur masjid adalah mihrab. Mihrab adalah ceruk yang menjorok ke tempat imam memimpin sholat. Arah mihrab juga biasanya menunjukkan arah menuju kiblat. Mihrab

    Read More »

    Split Level

    Rumah split level adalah rumah dengan ketinggian lantai yang berbeda di sebagian besar ruangan. Secara umum, ketinggian “split” adalah setengah dari tinggi normal lantai. Sebuah

    Read More »
    WARNA MAMBA 01

    Warna Mamba Sang Mistik Penuh Emosi

    Pernahkah Anda mendengar istilah “cewek mamba”? Cewek mamba sendiri mengacu pada gaya berbusana yang identik dengan nuansa hitam. Jadi mengapa bisa dipanggil cewek mamba? Kata

    Read More »
    Open chat