Antisipasi Kompor Agar Tidak Berkarat ? Lakukan 4 Hal Ini.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Cara Cegah Kompor Berkarat
Source : wowkeren.com

Kompor Berkarat – Kompor adalah salah satu alat masak wajib ada di area dapur. Dengan kompor, kita dapat memasak bahan makanan yang ada dengan mudah. Ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan kompor, baik itu kompor gas, ataupun dengan kompor listrik.

Salah satu kelebihan tersebut adalah, kita dapat dengan mudah mengatur panas api yang keluar untuk kemudian digunakan untuk memasak.

Sangat berbeda jauh, apabila kita memasak menggunakan arang atau sejenis dengan itu.

Walau memiliki banyak keuntungan, tetapi penggunaan kompor bukan tanpa masalah. Terlebih untuk yang kurang memperhatikan kebersihan kompor. Apabila dibiarkan, kompor kesayangan bisa saja alami karatan. Tentunya bukan hal yang bijak, ketika menunggu hal itu terjadi dan memperbaikinya.

Sebagaimana kata pepatah, “ Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati “.

Berikut ini adalah 4 langkah yang harus kamu lakukan untuk antisipasi kompor jadi karatan.

Membersihkan Kompor Yang Kotor Dengan Kain Yang Dibasahi Air Hangat.

Tips pertama adalah membersihkan kotoran-kotoran yang menempel dengan menggunakan kain yang dibasahi dengan air hangat. Kain dengan air hangat ini sangat efektif untuk menghilangkan noda-noda minyak yang menempel di kompor.

Cegah Kompor Berkarat Dengan Minyak Goreng

Tips yang kedua adalah dengan menggunakan minyak goreng yang masih baru atau masih bersih. Mengelap kompor dengan minyak goreng akan membantu kompor untuk menghambat proses korosi.

Cegah Kompor Berkarat Menggunakan Sunlight. 

Untuk tips yang ketiga ini, Sahabat bisa terlebih dahulu mengelap kompor dengan lap biasa, dan untuk lap yang kedua, Sahabat bisa menggunakan sunlight sebagai campuran tambahannya.

Membersihkan Selang Pada Kompor

Yang terakhir adalah selalu memperhatikan kebersihan pada selang kompor. Untuk melakukannya, sangatlah mudah, Sahabat bisa mengambil 1 baskom penuh dengan air yang hangat, lalu Sahabat bisa membersihkan kotoran pada selang yang menempel.

Bersihkan selang tersebut dengan satu arah, jika selang tersebut diselaputi dengan selang berhologram. 

Jika selang tersebut diliputi pembungkus berbahan timah, Sahabat bisa membukanya terlebih dahulu, dan setelahnya Sahabat bisa membersihkannya dengan lebih mudah.

Itulah beberapa tips untuk mencegah kompor agar tidak mudah karatan. Apabila Sahabat memiliki masalah dengan dapurnya dan ingin renovasi segera, hubungi Mulia Arsitek.

Baca juga : Cara Desain Meja Dapur Bentuk L Menjadi Lebih Rapi

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.  

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat