Cara Desain Meja Dapur Bentuk L Menjadi Lebih Rapi

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Meja Dapur
Desain Meja Dapur Bentuk L

Pada artikel sebelumnya, kita telah mengetahui jenis-jenis desain untuk dapur dengan ruangan minimalis ukuran 3×3. Salah satu desain yang sudah ketahui adalah dapur yang berbentuk leter L.

Baca juga : Ide Desain Dapur Minimalis 3×3 Untuk Memasak Lebih Nyaman

Sesuai dengan namanya, dapur ini memiliki bentuk ruangan yang berbentuk leter L. Bentuk dapur seperti ini akan menghemat ruangan tengah menjadi ruang makan.

Di bagian mendekati dinding, biasanya akan di taruh perabotan lemari dinding multifungsi. Dapat berguna sebagai wastafel, tempat menaruh bumbu-bumbu masakan, dan untuk meletakkan kompor.

Dapur dengan bentuk leter L, punya kelebihan untuk menciptakan kesan yang luas. Tata letak ini pula yang sering digunakan untuk rumah tipe minimalis ataupun maksimalis. Namun, melakukan tata ruang terdapat dapur bukanlah pekerjaan yang mudah. 

Sahabat harus memikirkan poin-poin penting seperti dapur yang dapat menyimpan berbagai peralatan dapur agar mudah diambil dan ditaruh. Pada artikel ini, penulis akan bertahan memberikan beberapa tips desain bertipe L agar menjadi lebih rapi.

1. Melapisi Meja Dapur Dengan Material Marmer

Meja Dapur Dengan Bahan Utama Marmer
Source : rumah123.com

Marmer adalah jenis batu kristal kasar yang berasal dari turunan batu kapur. Biasanya material marmer pada bangunan memiliki banyak motif ataupun corak. Tentu saja motif atau corak ini dapat Sahabat sesuaikan dengan selera masing-masing.

Material ini juga sering digunakan sebagai bahan dasar furniture rumah lainnya. Material ini ini memiliki kandungan yang dapat digunakan sebagai bahan pembersih rumah. Sifatnya itu, akan sangat membantu Sahabat untuk lebih mudah membersihkan dapur. 

Perlu Sahabat perhatikan, bahwa marmer juga material yang bersifat lembut, oleh karena itu berhati-hatilah saat sedang membersihkan dapur.

2. Konsep Terbuka Untuk Memasak Lebih Nyaman

Meja Dapur Konsep Terbuka
Source : decoist.com

Salah satu sebab orang-orang malas memasak, adalah ruangan dapur yang tidak memiliki cukup ventilator udara. Hal itulah yang membuat Sahabat sering mengalami gerah ketika memasak. Solusinya, adalah redesign dapur menjadi konsep terbuka. Konsep ini mirip-mirip dengan konsep Skylight, hanya saja terkesan lebih ekstrim. 

Dapur akan lebih sejuk dan asri karena berdampingan dengan taman belakang.

3. Bergaya Skandinavia, Tema Elegan Dari Eropa

Dapur Leter L Dengan Gaya Skandinavia
Source : dekoruma.com

Lagi-lagi Skandinavia. Tema ini adalah tema yang menonjolkan adalah penggunaan warna putih sebagai warna dominan. Sebagai tambahan, Sahabat bisa menambah dekorasi lainya berupa tanaman hijau dalam vas. 

5. Dominasi Warna Abu-Abu

Decoist.com
Source : decoist.com

Berkaitan dengan warna, Sahabat bisa memilih satu warna dominan pada bagian backsplash ataupun permukaan meja dapur. Gunakanlah furniture sederhana sebagai pelengkap. Warna abu-abu sendiri adalah komposisi dari warna utama yakni hitam dan putih.

Dalam filosofinya, warna abu-abu memiliki makna keseriusan, kestabilan, kemandirian dan juga tanggung jawab. Diharapkan bahwa filosofi warna abu-abu dapat menjadikan Sahabat untuk lebih serius menghadirkan makanan yang lezat serta bergizi.

6. Bergaya Eklektik Untuk Dapur Lebih Berwarna

Dapur Unik Leter L Dengan Tema Eklektik
Source : Google Images

Eklektik, adalah tema yang sangat berbeda dari sebelumnya. Masih dengan memaksimalkan furniture, eklektik mengembangkan berbagai konsep warna di dalam dapur. Artinya tidak warna dominan yang ada di dalam dapur. Sahabat dapat merancang kitchen set dengan warna yang tidak selaras.

Sebagai catatan penting, gunakan warna-warna yang tidak membuat Sahabat pusing.

7. Meja Dapur Bergaya Victorian, Tema Bangsawan Kuno

Decoist
Source : decoist.com

Bila mendengar kata Victorian, sebagian dari Sahabat mungkin akan teringat dengan Ratu Victoria pada sejarah Britania Raya. Eranya ini dikenal sebagai masyarakat Britania, sebagai era panjang kedamaian atau Pax Britannica.

Di era itulah, victorian sering digunakan sebagai sebutan untuk konstruksi desain bangunan dan furniture. Gaya ini mengembangkan estetika dengan paduan warna serta ukiran-ukiran seni kelas tinggi. Sebagai ganti dari ukiran-ukiran tersebut, sahabat dapat dapat sentuhan garis-garis warna.

Itulah 7 ide cara untuk dapat mendesain meja dapur berbentuk L agar menjadi lebih rapi.

Tidak hanya rapi, solusi-solusi yang telah diberikan ini juga bisa menambahkan nilai keindahan dan fungsionalitas.

Apabila sahabat masih bingung menentukan bagaimana bentuk meja dapur dengan Leter L yang sesuai, maka hubungilah Mulia Arsitek.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat, termasuk dapur dan renovasinya. Daerah utama pelayanan kami adalah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. 

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat