Desain Masjid Minimalis Untuk Sholat Lebih Nyaman

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Minimalis, Source : properti MuliaArsitek

Masjid adalah tempat yang sakral untuk umat Islam. Masjid yang berarti tempat sujud, memiliki banyak sebutan lain di Indonesia, seperti mushola, langgar ataupun surau. Perbedaan 3 sebutan setelahnya adalah bangunan tersebut tidak digunakan untuk jum’atan. Selain sebagai tempat ibadah atau bersujud kepada Nya, masjid juga umat islam gunakan sebagai pusat musyawarah sosial.

Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al-Qur’an sering dilaksanakan di Masjid. Oleh sebab itu, perlu standarisasi pembangunan masjid agar dapat menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik, tidak terkecuali untuk tipe minimalis.

Berikut ini adalah contoh 10 desain masjid minimalis yang bisa Sahabat jadikan referensi dalam membangun masjid.

1. Masjid Al-Irsyad, Bandung

Masjid Al Irsyad Bandung
Source : iNews Jabar

Masjid ini adalah Masjid hasil arsitektur terbaik Indonesia bernama Bapak Ridwan Kamil. Terletak di Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung, Masjid memiliki bentuk yang khas berupa kubus.

Tidak hanya itu, terdapat lubang-lubang di antara tembok yang berfungsi untuk menghasilkan lebih banyak udara yang masuk. Lubang-lubang itu pun bukanlah lubang-lubang biasa. Apabila dilihat lebih jelas langsung di tempatnya, lubang-lubang tersebut membentuk motif dua kalimat syahadat, “La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah”.

Masjid ini juga menjadi patron masjid dengan konsep asri, menyatu dengan alam.

2. Masjid Kubah Emas, Dian Al-Mahri, Depok

Masjid Dian Al Mahri
Source : Traverse.id

Masjid Kubah Emas, adalah masjid yang terletak di tepi jalan raya Meruyung, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat. Masjid ini mendapatkan julukan sebagai masjid dengan kubah emas. Menggabungkan desain ala Timur Tengah dan Asia Tenggara, menjadikan masjid sebagai salah satu masjid termegah di Asia Tenggara.

Bagaimana tidak, Kubah pada masjid memang benar-benar dilapisi dengan emas,begitu juga dengan hiasan kaligrafi di lantai 2.  Apabila dipikir-pikir, masjid ini jauh dari jauh dari konsep minimalis. 

Namun, masjid bisa menjadi bahan referensi untuk membangun masjid minimalis 2 lantai, dengan tentunya menghilangkan ornamen emas yang dimiliki.

3. Masjid Minimalis Dengan Bata Merah

Dinding Batu Merah Untuk Konsep Minimalis
Source : Google Images

Bata Merah, adalah bahan bangunan yang sudah diakui kekuatannya. Harganya relatif murah, dan tidak perlu lagi tambahan perekat khusus, hanya cukup semen dan pasir. Bahan ini bisa Sahabat manfaatkan sebagai konstruksi utama pembangunan masjid.

Bahkan tanpa perlu finishing, masjid dengan bata merah bisa segera ditempati. Sedikit tips tambahan, ciptakan beberapa rongga agar udara pengap di dalam bisa keluar. Tentu saja, Sahabat bisa mengakali sifat dasar bata merah yang bagus menyerap panas dengan tambahan kipas angin.

4. Masjid Minimalis Dengan Konsep Mediterania

Tema Mediterania Bercampur Minimalis
Source : gambarrumah.online

Mediterania adalah sebutan gaya arsitektur di daerah pesisir laut mediterania. Bangunan yang mengambil gaya arsitektur ini, akan banyak menggunakan bahan-bahan alam. Di Indonesia, gaya mediterania ini sedikit mengalami perubahan dari yang aslinya.

Di Indonesia gaya arsitektur mediterania telah banyak bercampur dengan gaya urban daerah masing-masing.

5. Miniamlis Dengan Konsep Eropa Timur

Masjid Raya Al-Mashun
Source : Okezone Muslim

Minimalis bukan berarti tidak mengikuti perkembangan zaman. Sahabat dapat menjadikan gaya arsitektur khas Eropa Timur untuk pembangunan Masjid yang estetis.

6.  Masjid Dengan Kubah Berbentuk Ubi Emas

Desain Masjid Minimalis 2021
Source : properti Muliaarsitek

Berbeda dari 5 masjid sebelumnya, desain masjid minimalis berikutnya adalah murni karya dari Mulia Arsitek. Masjid yang berlokasi di Dieng ini, memiliki bentuk minimalis elegan perpaduan warna emas pada hiasan dinding masjid.

Baca juga : Ide Dapur Minimalis 3×3 Untuk Memasak Lebih Nyaman

Warna campuran emas juga terdapat pada desain ventilasi masjid, menambah kesan elegan klasik. Kemudian untuk kubahnya, diberi warna perpaduan kuning keemasan. Warna ini pulalah yang menjadi ciri khas masjid ini.

7. Desain Masjid Dengan Dinding Model Krawangan

Desain Masjid Minimalis Mulia Arsitek
Source : properti Muliaarsitek

Sama seperti sebelumnya, desain masjid ini juga merupakan karya dari Mulia Arsitek

Krawangan adalah panel yang memiliki banyak lubang dengan berbagai macam variasi motif yang akan disesuaikan dengan keinginan para pelanggan. Fungsinya selain memiliki nilai seni, juga bisa menjadi panel ventilasi. Bagunan tempat ibadah cenderung akan mengambil referensi dalam menentukan sebuah arsitektur dari bangunan itu sendiri ke tempat ibadah lainnya, yang terkesan mewah, menawan, dan akan menciptakan nuansa religius.

Baik interior dan eksteriornya sudah mengidentikkan sebuah bangunan tempat dimana orang-orang muslim menjalankan aktivitasnya dalam beribadah. Sebagai info penting, Mulia Arsitek memiliki program mulia bernama Sedekah Desain Masjid.

Artinya, Sahabat bisa mendapatkan desain masjid terbaik secara gratis dari kami.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat, terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. 

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat