Desain Rumah Muslim : Menerapkan Nilai Islam Di Dalam Ruang Makan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Desain Rumah Muslim, Menerapkan Nilai-Nilai Islam Di Ruang Makan, Source : properti Mulia Arsitek
Desain Rumah Muslim, Source : properti Mulia Arsitek

Salah satu program unggulan dari Mulia Arsitek adalah desain rumah muslim. Rumah yang memiliki konsep besar untuk memudahkan muslim menjalankan syariat-syariat di dalam agama. Semisal menghindari hutang, memudahkan orang tua untuk memisahkan kamar anak laki-laki dan perempuan, tidak memakan hak orang lain seperti mengambil lahan orang lain untuk parkir, memuliakan tamu dan lain-lain.

Namun, tahukah Sahabat ?, Sahabat dapat mulai menerapkan nilai-nilai islam secara sederhana dari ruangan yang sudah ada seperti ruang makan. Nilai-nilai islam ini tentunya sangat baik untuk Sahabat dalam mendidik menjadi muslim maupun muslimah yang berbudi pekerti luhur.

Lalu bagaimana menerapkan nilai-nilai islam di dalam ruang makan ?. Mulia Arsitek telah merangkum 5 tips di antaranya

Membiasakan Anggota Keluarga Untuk Langsung Mencuci Piring Setelah Makan

Mencuci Piring Setelah Makan
Source : thespruce.com

Kebanyakan dari orang tua justru membiarkan banyak tumpukkan piring kotor selepas makan bersama. Alasannya karena mencuci lebih banyak akan lebih hemat air. 

Mungkin saja itu alasan itu benar, tetapi jika tumpukkan piring sudah banyak, maka sifat malas akan timbul. Mencuci tumpukkan piring yang banyak juga akan merepotkan Sahabat sendiri, terutama dalam hal waktu.

Oleh sebab itu, biasakanlah di dalam keluarga untuk memiliki aturan seperti mencuci piring sehabis makan. Aturan ini tentunya akan sangat membantu Sahabat sendiri sebagai orang tua.

Juga sebagai sarana melatih kemandirian anak.

Jangan Makan Dengan Mulut Yang Berbunyi Dengan Suara Kecapan

Jangan Makan Dengan Suara Kecapan
Source : brilio.net

Meskipun sekarang banyak konten-konten di Youtube bertemakan ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response) food, atau konten yang menampilkan orang makan dan berbunyi, bukan berarti bisa ditiru di ruang makan milik Sahabat.

Makan dengan mulut yang berbunyi adalah prilaku yang kurang sopan. Oleh sebab itu makanlah dengan mulut tertutup ketika mengunyah.

Sebagaimana ajaran orang tua jaman dulu, makan dengan mulut berbunyi menandakan sifat tamak.

Menyediakan Ruang Makan Lesehan

Teruntuk hari-hari besar seperti Ramadhan, ataupun berkumpul dengan keluarga besar di hari raya, ruang makan haruslah dapat fleksibel berubah bentuk menjadi model lesehan. Gunakan ruang tengah yang luas untuk membuat ruang makan dadakan.

Ruang makan dengan bentuk lesehan juga melembangan kesetaraan dan kesederhanaan pemilik rumah.

Menyiapkan Meja Makan Mini Untuk Lesehan

Desain Rumah Muslim : Ruang Makan Tema Lesehan
Source : pinterest.com

Di nomor 4, masih berkaitan dengan model meja makan lesehan, namun kali ini untuk anggota keluarga Sahabat sendiri. Sahabt dapat menggunakan meka makan mini dari kayu yang kokoh untuk menopang masakan yang siap disantap.

Desain ruangan ini, juga punya kesan cozy tersendiri.

Ruang Makan Lesehan Konsep Piknik

Desain Rumah Muslim : Ruang Makan Konsep Piknik
Source : pinterest.com

Di dalam islam, wajib bagi muslim dan muslimah untuk merasa dekat dengan alam. Dekat dengan alam, artinya Sahabat punya tanggung jawab yang lebih terhadap sumber daya alam yang ada.

Merawatnya tentu akan meninggalkan kenangan yang baik untuk generasi selanjutnya. Salah satu cara untuk mendekatkan pemahaman tentang penting merawat alam, adalah dengan piknik.

Sahabat dapaat menggunakan lahan yang berada di belakang rumahnya untuk membuat ruang makan model piknik dadakan.

Menggunakan Beberapa Dekorasi Dinding

Dekorasi Islami Pada Desain Rumah Muslim
Source : Shopee.co.id

Berikutnya adalah dengan memasang beberapa dekorasi dinding bertemakan islam. Sahabat bisa menggunakan pesan-pesan islami yang ditempelkan pada area yang mudah dilihat di ruang makan. Pastikan pesan-pesan tersebut sampai kepada anggota keluarga yang melihatnya.

Di antara pesan-pesan tersebut, berdoa sebelum makan, makan dan minum dengan tangan kanan, makan makanan yang halal, duduk ketika makan, dan ucapkan Alhamdulillah setelah selesai makan.

Baca juga : Rumah Sehat Rumah Islami

Itulah beberapa nilai-nilai islam yang bisa Sahabat terapkan pada konsep desain rumah muslim secara sederhana. Apabila Sahabat berminat untuk mendapatkan desain rumah muslim secara menyeluruh dan berencana untuk membangunnya, hubungi Mulia Arsitek.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat