Hiasan Dinding Estetik Untuk Ruang Tamu

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Anak-Anak Melukis di Dinding
Hiasan Dinding, Source : orami.co.id

Ruang tamu adalah ruang yang diperuntukkan khusus untuk menerima tamu. Karena fungsinya yang minim, biasa ruang tamu hanya didesain seperti alakadarnya. Atau dalam bahasa arsitektur, minimalis.

Tak jarang, tamu yang datang mungkin akan terasa bosan berlama-lama di ruangan tersebut. Dan bahkan punya mood yang bagus untuk dapat mengobrol lebih lama dengan Sahabat. Tentunya, sebagai pemilik rumah yang baik, kita harus memperhatikan kenyamanan tamu.

Salah satu caranya adalah membuat ruang tamu menjadi begitu berwarna, agar tamu tidak gampang bosan.

Bagi muslim sendiri terdapat adab-adab tersendiri dalam menerima tamu.

Dalam firman Allah di dalam Surah Adz Dzariyat dikisahkan bagaimana ramah nya  Nabi Ibrahim ketika menerima tamu. Bahkan Nabi Ibrahim saat itu tidak mengenalnya, dan tidak pernah berpikir bahwa tamu yang datang tersebut adalah malaikat Allah.

Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tamu Ibrahim (malaikat) yang dimuliakan? Ingatlah ketika mereka masuk lalu mengucapkan salam, maka dia pergi diam diam menemui keluarganya kemudian dibawa nya daging anak sapi gemuk yang dibakar lalu dihidangkan pada mereka

Apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim menjadi teladan bagi muslim untuk lebih memperhatikan kenyamanan seorang tamu.

Salah satu caranya adalah menata ulang ruang tamu, agar tidak membosankan.

Mungkin Sahabat akan berpikir untuk merombak habis ruang tamunya, tapi sebenarnya tidak demikian. Mulia Arsitek punya solusi praktis, dengan hanya menambahkan ornamen-ornamen pilihan khusus untuk memanjakan mata tamu.

1.  Tempatkan Hiasan Dinding Dengan Menambahkan Rak Khusus Untuk Pot Bunga Gantung

Hiasan Dinding Bunga Gantung
Source : mybest.id

Menempatkan Bunga di area ruang tamu, akan berikan nuansa hijau padanya. Pilihlah bunga-bunga yang segar dan memang cocok untuk ditaruh di bagian ruang tamu.

Jika beruntung, bunga-bunga tersebut akan jadi bahan pembicaraan yang menarik ketika topik utama sudah habis, namun masih ingin mengobrol.

2.  Gunakan Hiasan Dinding Berupa Lukisan Alam

Lukisan Alam Untuk Hiasan Dinding
Source : Google Images

Selain menggunakan langsung bunga sebagai objek fisik, Sahabat sebagai pemilik rumah juga dapat menempatkan objek alam non fisik seperti lukisan. Pilihlah lukisan-lukisan yang mampu menggambarkan kenyamanan di dalam rumah.

3. Hiasan Dinding Dengan Gaya Makrame

Bertema Makrame
Source : dekoruma.com

Makrame adalah seni membuat anyaman simpul, dan biasa berbahan kain atau tali. Sifat utama dari makrame ini memang sering digunakan sebagai dekoratif rumah.

4. Hiasan Dinding Dengan Lukisan Anak-Anak

Anak-Anak Melukis di Dinding
Source : orami.co.id

Anak-anak memang suka mencoret-coret dinding. Beberapa orang tua merasa kesal dengan hal ini. Namun, sebenarnya Sahabat dapat memanipulasi hal itu, untuk membuat mereka lebih kreatif dalam menggambar.

Yakni dengan memberikan ruang khusus di bagian dinding ruang tamu untuk mereka menggambar. Pastinya mereka akan mengeluarkan setiap energinya untuk menghasilkan lukisan yang bagus. Meski kebanyakan darinya adalah abstrak, namun lukisan anak-anak tersebut memiliki kesan estetik tersendiri.

Baca juga : Desain Masjid Minimalis Untuk Sholat Lebih Nyaman

5. Hiasi Dengan Tambahan Kaligrafi

Kaligrafi di Ruang Tamu
Source : diminimalis.com

Kaligrafi adalah ilmu yang memperkenalkan bentuk-bentuk dari huruf-huruf tunggal.

Umumnya, kaligrafi dikenal dengan kaligrafi arab. Hal ini wajar karena tulisan arab memang memiliki keindahan tersendiri.

Sahabat dapat memesan kaligrafi yang cocok dengan selera dan sesuai dengan ruang tamu.

6. Dinding Tamu Dengan Mural

Dinding Bergaya Mural
Source : summareconbekasi.com

Mural adalah istilah yang akhir-akhir ini sedang viral. Beberapa dari kita, mungkin Sahabat mungkin sedikit keliru mengenai perbedaan mural dengan grafiti. Mural adalah gambar dinding yang dibuat dengan konsep lebih bebas, dan lebih luas.

Sedangkan graffiti hanya berupa tulisan atau kata-kata.

7. Hiasan Dinding Dengan Foto-Foto Alam

Bingkai Foto Untuk Ruang Tamu
Source : Google Images

Meskipun terkesan privasi, hiasan dinding model foto keluarga kali jadi pilihan paling mainstream banyak dari pemilik rumah. Alternatif yang terbaik dari pada itu adalah dengan menggunakan foto-foto alam. 

Selain alasan privasi, foto-foto alam lebih memiliki makna pada tamu, ketimbang foto-foto keluarga.

8. Bertema Tradisional Indonesia

 

Yang terakhir adalah hiasan dinding berbentuk kerajinan tradisional khas dari Indonesia. Sahabat dapat menyesuaikan kerajinan tangannya sesuai dengan daerahnya masing-masing. 

Selain mendukung produk-produk dalam negeri, nilai estetika dari kerajinan tangan tradisional tersebut juga bisa menambah nuansa baru dalam ruang tamu.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. 

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat