Hal-Hal Yang Harus Kamu Tau Dari Material Kaca Akrilik

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Desain Furniture Dengan Material Kaca Akrilik
Source : propertyinside.id

Material Kaca Akrilik – Apa yang pertama kali Sahabat bayangkan ketika mendengar material kara akrilik ?. Kaca anti pecah atau kaca yang tidak mudah pecah ?. 

Ya, inilah yang mungkin pertama kali Sahabat bayangkan ketika mendengar material kaca ini.

Kaca akrilik adalah material yang berasal dari polimetil metakrilat yang merupakan polimer sintetis dari metil metakrilat. Material ini memiliki sifat mirip seperti kaca, seperti transparan, namun lebih fleksibel dan alot.

Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Jenis-Jenis Kursi Yang Nyaman Di Ruang Makan

Bisa dikatakan bahwa akrilik adalah plastik transparan. Material ini memiliki sifat tahan cuaca dibandingkan dengan bahan plastik lainnya. Hal ini disebabkan juga karena sifat akrilik yang stabil menghadapi sinar UV.

Penggunaan material ini sendiri, dimulai tepatnya pada awal 1900-an oleh seorang ahli kimia asal Jerman.

Untuk memahami lebih dekat kaca akrilik ini, Sahabat perlu mengetahui sifat-sifat khusus yang dimilikinya. Di antaranya sifat-sifat khusus tersebut adalah;

Sifat-Sifat Kaca Akrilik

  • Akrilik memiliki wujud bening dan transparan melebihi sifat kaca pada umumnya, hingga hampir 92%.
  • Memiliki sifat alot, fleksibel atau plastis dari kaca pada umumnya.
  • Tidak mudah menjadi tempat berkembangnya mikroorganisme.
  • Mudah diaplikasikan pada bentuk desain sesuai dengan keinginan pengguna. Cocok digunakan untuk ruang laundry atau jemuran indoor. Pelapis atap untuk innercourt.

Setelah mengetahui sifat-sifat khusus yang dimiliki oleh kaca akrilik, maka kita akan dengan mudah mengklasifikasikan kelebihan daripada kaca akrilik. Berikut adalah kelebihan daripada kaca akrilik.

Kelebihan Daripada Kaca Akrilik

1. Materialnya yang bersifat ringan

Karena kaca akrilik adalah material yang “hanya” menyerupai kaca, bobot yang dimilikinya lebih ringan dari kaca asli. Bahan utama plastik transparan yang dimiliki oleh kaca akrilik inilah yang kemudian menjadikannya mudah untuk dipindahkan kemana-mana tanpa takut akan terjadinya keretakkan apalagi pecah.

2. Tahan benturan

Material utama dari kaca akrilik yang berupa plastik transparan menjadikannya lebih tahan benturan daripada kaca biasanya. Tentunya ini sesuai dengan sifat kaca akrilik yang alot dan plastis. Setidak butuh benturan berkali-kali agar kaca ini dapat pecah.

Kaca ini juga punya sifat anti gores. Tetapi perlu adanya penambahan anti gores tersendiri.

3. Bukan Penghantar Panas Yang Baik

Kaca akrilik memiliki sifat isolator, sifat yang menandakan bahwa material ini tidak mudah menghantarkan panas. Berbeda jauh dengan sifat kaca yang memiliki sifat konduktor, atau mudah menghantarkan panas.

Mungkin beberapa dari Sahabat pernah melihat kaca jendela yang pecah ataupun retak, akibat terlalu sering terpapar panasnya sinar matahari.

4. Cocok Digunakan Untuk Kaca Tembus Pandang

Transparansi yang miliki oleh kaca akrilik lebih besar daripada kaca pada umumnya. Hal inilah yang menjadikan kaca ini cocok untuk atap ruangan jemuran indoor.

Kaca jenis ini juga tidak mudah bereaksi dengan sinar UV, ataupun menguning.

Kekurangan Kaca Akrilik

1. Kaca ini tidak tahan akan goresan

Ya, meskipun kaca ini memiliki sifat layaknya kaca asli, namun perlu adanya penambahan lapisan anti gores, agar kaca ini tidak mudah tergores.

2. Noda minyak dapat bertahan lama, jika tidak segera dibersihkan

Untuk sahabat yang menggunakan kaca jenis ini, untuk meja makannya, pastikan untuk selalu melakukan pembersihan. Noda-noda makanan yang sudah terlanjur dibiarkan lama akan sangat susah untuk dibersihkan.

3. Meskipun anti pecah, tetapi kaca ini bisa saja patah

Sama seperti kaca asli, dalam proses pemasangan kaca akrilik, diperlukan kehati-hatian yang ekstra.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan daripada akrilik, berikutnya kita akan mengenal jenis-jenis daripada kaca akrilik

Jenis-Jenis Kaca Akrilik

Ada banyak jenis daripada kaca akrilik, Mulia Arsitek akan membahas 4 diantaranya. 4 kaca jenis ini, adalah jenis kaca akrilik yang memang sering digunakan. Berikut penjelasan masing-masing 4 jenis kaca ini;

Akrilik Cetak

Dari induflex, akrilik cetak adalah material kaca plastik yang dibuat dengan mencampurkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam bentuk cairan panas. Ketika bahan-bahan tersebut meleleh menjadi cairan panas, cairan tersebut kemudian dituang ke dalam sebuah cetakan.

Proses inilah yang kemudian membuat akrilik jenis ini dinamakan dengan nama akrilik cetak.

Akrilik Ekstruksi

Hampir sama seperti akrilik cetak, hanya saja prosesnya melibatkan mesin. Untuk harga pembuatannya relatif lebih murah, karena mengurangi peran manusia.

Model Kaca Akrilik Transparan

Selanjutnya adalah jenis akrilik yang memang sering kita jumpai secara umum. Kaca inilah yang banyak kita jumpai sebagai pengganti kaca untuk meja makan.

Akrilik Lembaran Berwarna

Yang terakhir adalah akrilik lembaran berwarna. Sama seperti sebelumnya, hanya saja, kaca ini diberi campuran zat warna tertentu.

Itulah beberapa hal yang harus Sahabat ketahui tentang kaca akrilik. Apabila Sahabat berminat untuk mendapatkan desain rumah impian siap bangun lengkap dengan penggunaan kaca akrilik, Sahabat bisa menghubungi Mulia Arsitek.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat