Mengenal Apa Itu Kanopi, Fungsi, Dan Jenis-Jenisnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Mengenal Apa Itu Kanopi, Fungsi, Dan Jenis-Jenisnya
Source : dekorrumah.net

Mengenal Kanopi, Pernahkah Sahabat Mendengar Apa Itu Kanopi ?.

Kanopi adalah bagian rangka berbentuk atap yang biasa dipasang di depan rumah. Istillah ini memang cukup asing dan familiar pada warga di rumah-rumah kompleks. 

Lalu apa sebenarnya itu kanopi, fungsi, dan jenis-jenisnya ?

Mengenal Pengertian Kanopi

Seperti yang sudah Sahabat ketahui di awal, kanopi adalah rangka berbentuk atap yang biasa ada di depan rumah. Secara umum, kanopi biasa digunakan untuk melindungi bagian dari teras depan rumah dari terpaan air hujan, ataupun dari panasnya sinar matahari.

Selain itu, kanopi bisa menjadi alternatif bagi mereka yang tidak memiliki lahan untuk parkir kendaraan.

Ya, kanopi bisa menjadi tempat parkir bagi pemilik rumah, dan tentunya harus ditambahkan dengan pagar agar aman. Bagi ibu-ibu yang malas menjemur pakaian di area belakang ataupun harus naik ke rooftop, maka bisa memanfaatkan area kanopi untuk menjemur pakaian.

Mengenal Fungsi Kanopi

Mengenal Fungsi Kanopi
Source : Google Images

Secara umum kanopi punya 2 fungsi, yakni sebagai pelindung dan sebagai bagian dari dekorasi yang mempercantik tampilan rumah.

Fungsi yang pertama, yakni sebagai pelindung menyangkut fungsi-fungsi fisik seperti dapat melindungi teras rumah dari terpaan air hujan ataupun panasnya sinar matahari. Penggunaan kanopi akan banyak membantu Sahabat untuk tidak lagi capek capek harus mengepel ketika hujan turun.

Tidak hanya itu, kanopi di daerah perkotaan biasa beralih fungsi menjadi loka parkir kendaraan pribadi. Tentunya, Sahabat perlu memperhatikan aspek keamanan di sini ya.

Apabila kanopi tersebut memang diperuntukkan sebagai loka parkir, maka bangunlah sebuah pagar yang dekat dengan kendaraan.

Tujuannya sudah pasti agar pelaku pencurian kendaraan bermotor berpikir 1000x untuk mencuri kendaraan Sahabat. Pastikan pula untuk selalu memasangkan gembok pagar di malam hari.

Fungsi yang kedua, yakni sebagai dekorasi yang mempercantik tampilan rumah berkaitan dengan fungsi non fisik atau estetika. Pilihlah desain kanopi yang memang menggambarkan ciri khas dari rumah Sahabat.

Menyesuaikan warna kanopi dengan fasad rumah juga merupakan ide yang bagus, agar teman-teman mudah mengenali bahwa itu adalah rumah Sahabat.

Mengenal Jenis – Jenis Kanopi

Ada 2 jenis kanopi yang biasanya orang-orang ketahui, yakni jenis kanopi baja ringan dan kanopi besi.

Namun, teruntuk bagian atas atau atapnya, kanopi memiliki banyak jenis . Seperti kanopi berbahan fiber, plastik dan juga alderon. Berikut ini adalah masing-masing penjelasan dari kanopi tersebut;

1. Kanopi Berbahan Plastik

Source : Google Images

Kanopi berbahan utama plastik atau plastik berongga ini adalah jenis kanopi yang mungkin sering Sahabat jumpai. Selain murah, kanopi berbahan plastik juga termasuk dalam kategori kanopi yang tahan banting. Sahabat bisa memilih jenis kanopi berbahan plastik ini untuk pemakaian 5 hingga 10 tahun kedepan.

2. Kanopi Berbahan Fiber

Source : dekorumah.com

Selanjutnya adalah kanopi berbahan fiber. Kanopi jenis ini adalah hasil dari daur ulang potongan-potongan serat kaca. Karena mengandung unsur kaca, kanopi jenis ini sangat rekomendasi untuk Ibu-Ibu yang ingin menjemur pakaian di teras rumah. Sifat kaca dari kanopi jenis akan mentransmisikan panas cahaya matahari secara menyeluruh di bagian depan.

3. Kanopi Berbahan Alderon

Source : Alderon.co.id

Terakhir, ada nama Alderon. Jenis kanopi yang memiliki bahan utama hasil dari turunan plastik, atau bisa disebut dengan Unplasticized Polyvinyl Chloride (UPVC). Sama seperti jenis kanopi berbahan plastik pada umumnya, kanopi berbahan alderon juga punya kelebihan pada teksturnya sehingga tahan akan terpaan angin dan air hujan.

Jadi Sahabat tidak perlu khawatir sampai memikirkan kanopi akan lepas meski hujan di luar rumah cukup deras.

Baca juga : Tips Kamar Mandi Aman Untuk Anak dan Lansia

Tips Memasang Kanopi

Untuk memasang kanopi, sebenarnya kita bisa menyesuaikan cara memasangnya sesuai dengan jenis bahannya. Namun, secara umum, Sahabat bisa gunakan tips-tips sederhana di bawah ini;

1. Sesuaikan Dengan Anggaran Yang Sahabat Miliki

Sebelum melangkah jauh memahami jenis kanopi, ada baiknya Sahabat memikirkan anggaran yang Sahabat miliki. Konsultasikan dengan ahli agar anggaran yang kamu miliki bisa mendapatkan jenis kanopi yang terbaik.

Perlu diingat pula, terkadang perlu tambahan sedikit dana untuk mendapatkan kanopi berkualitas.

2. Visualisasikan Terlebih Dahulu Letak Kanopi

Setelah mendapatkan gambaran mengenai anggaran dan jenis kanopi yang diinginkan, pastikan juga bahwa Sahabat telah mendapatkan visual tentang kanopi yang akan dipasang. Ukur luas lahan yang ingin sahabat beri kanopi, agar nantinya tidak ada bahan kanopi yang berlebihan.

Ya, hitung-hitung hemat biaya juga ya Sahabat.

3. Pilih Jasa Pemasangan Kanopi Yang Terpercaya

Tips yang terakhir adalah tips yang paling krusial. Apabila bahan dan tempat terbaik untuk kanopi telah Sahabat tentukan namun pemasang kanopinya tidak profesional, maka akan jadi sia-sia. Kanopi yang seharusnya bisa bertahan lama, justru malah cepat rusak karena pemasangan yang salah.

Tips terakhir ini, bukanlah tips yang mudah, oleh sebab itu Sahabat perlu menghubungi tenaga ahli.

Sahabat bisa menghubungi kami, Mulia Arsitek.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Ayah Ibunda, terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. 

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta instagram dan facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan menghubungi admin kami, di 0811-264-8986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat