Yuk Renovasi Mandiri Pipa Wastafel Yang Sering Mampet

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Atasi Wastafel Mampet Dengan Mudah
Source : liputan6.com

Wastafel Mampet.

Wastafel adalah tempat yang biasa digunakan oleh Ibu-Ibu mencuci. Tempat khusus ini menjadi favorit banyak orang karena tidak harus duduk. Daripada mencuci sambil duduk dan bungkuk, mencuci peralatan makan dengan posisi berdiri lebih dianjurkan.

Masalahnya, wastafel tidak selamanya tidak memiliki masalah. Terutama bagi Sahabat yang sering kali lupa membuang sisa makanan terlebih dahulu sebelum mencuci piring. Banyak yang langsung membuang sisa makanan tersebut ke dalam wastafel.

Kebiasaan buruk ini akan mengambilkan saluran air yang ada menjadi mampet atau tersumbat. Apabila sudah kejadian, dibutuhkan segera renovasi.

Sebelum memanggil tenaga ahli, ada baiknya Sahabat mencoba terlebih dahulu beberapa tips renovasi mandiri dari Mulia Arsitek ini;

Menggunakan Garam Dan Air Panas

Tips Renovasi Mandiri
Source : sehatq.com
  • Siapkan garam dan air mendidih
  • Masukan garam terlebih dahulu ke dalam saluran air yang alami mampet.
  • Tuang air mendidih yang tadi telah disiapkan. Tuangkan dengan sangat hati-hati dan perlahan.
  • Diamkan beberapa saat agar uap panas dari air yang mendidih membersihkan lemak-lemak yang menempel di sela-sela saluran air.

Menggunakan Pemutih Baju

Tips Renovasi Wastafel Mampet
Source : elevenia.co.id

Terlalu banyak membuang sisa makanan ke dalam wastafel akan mengundang banyaknya jamur dan bakteri yang muncul. Sahabat bisa membersihkan sisa makanan tersebut beserta dengan bakteri bakterinya dengan pemutih baju

  • Tuangkan cairan pemutih baju secukupnya ke dalam saluran air.
  • Diamkan selama 5 hingga 10 menit. Setelahnya bilas dengan air sedikit demi sedikit, hingga aroma pemutih baju hilang

Menggunakan Kawat

Renovasi Wastafel Mampet
Source : shopee.co.id

Berikutnya adalah dengan menggunakan kawat. Bila dua tips sebelumnya berfungsi untuk membersihkan bakteri dan lemak, maka tips ini berfungsi untuk menarik sisa-sisa makanan yang bikin mampet yang bisa dilalui oleh air.

Sahabat dapat memodifikasi gantungan baju model kawat untuk dapat mengait sisa makanan tersebut. Jangan lupa bungkus ujung kawat yang digunakan untuk mengait dengan kain atau selotip agar tidak melukai sisi dalam saluran air.

Menarik Sisa Makanan Dengan Slink Plugger

Slink Plugger
Source : tokopedia.net

Slink plugger atau yang biasa dikenal sebagai penyedot kloset, juga dapat Sahabat gunakan untuk saluran air lainnya, sepeti wastafel. Untuk dapat menggunakannya, pastikan mulut karet sudah pas dengan mulut saluran air wastafel.

Tekan berkali-kali slink plugger sampai sisa-sisa makanan terlihat. Setelahnya, buang kotoran tersebut.

Atasi Wastafel Mampet Ampuh Dengan Soda Api

Jual Beli Soda Api Yogyakarta
Source : Google Images

Berikutnya adalah dengan menggunakan soda api. Solusi ini saluran mampet dengan soda api, memang sering dilakukan oleh orang-orang pada umumnya. Untuk dapat menggunakannya, Sahabat perlu menggunakan APD tersendiri, seperti pelindung wajah dan sarung tangan.

  • Siapkan air mendidih dan soda api
  • Tuangkan soda api pada saluran air mampet. Tunggu beberapa saat, dan setelahnya siram dengan air mendidih secara perlahan

Menyiapkan Penyaringan Wastafel Anti Mampet

Penyaring Wastafel
Source : Google Images

Setelah tips-tips di atas berhasil, ada baiknya Sahabat mulai membiasakan diri menggunakan penyaringan wastafel. Saringan inilah yang berfungsi untuk meminimalisir sisa makanan masuk ke dalam saluran air.

Setelah saringan penuh, Sahabat bisa dengan mudah membuka sisa makanan yang ada di dalam tong sampah khusus.

Menggunakan Pipa Besar Model Tiang Cegah Wastafel Mampet

Berikutnya adalah dengan mengganti pipa yang digunakan untuk saluran air dengan pipa besar model tiang. Menggunakan saluran air model berkelok-kelok dan kecil, tentu akan merepotkan kita jika mampet terjadi lagi.

Baca juga : Teknik Renovasi Rumah Yang Harus Kamu Ketahui

Itulah beberapa tips renovasi mandiri terhadap saluran wastafel yang mampet. Apabila Sahabat ingin melakukan renovasi terhadap saluran airnya, ataupun yang berkaitan dengan masalah dapur, hubungi Mulia Arsitek.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. 

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat