Rumah Kok Sarang Nyamuk ?. Terapin 6 Tips Rumah Anti Nyamuk Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Rumah Anti Nyamuk
Rumah Anti Nyamuk, Source : unsplash@wolfgang_hasselmann

Rumah Anti Nyamuk, rumah yang nyaman adalah rumah yang menjamin kesehatan pada pemiliknya. Konsep yang dibicarakan di sini sangatlah luas, dimulai dari rumah yang mampu jadi tempat relaksasi pikiran setelah lelah bekerja, dan juga sebagai tempat untuk melindungi fisik.

Penerapan rumah sehat ini pastinya berbeda-beda tiap orang. Namun, tidak ada perbedaan mengenai rumah sehat adalah rumah yang bebas dari sarang nyamuk. Sebagaimana yang Sahabat ketahui bersama, nyamuk adalah salah satu sumber penyakit.

Tahap kehidupannya yang begitu pendek, begitu juga dengan usia reproduksinya, menjadikan populasi nyamuk sangat banyak dan sulit dikendalikan.

Nyamuk betina memiliki umur yang lebih panjang ketimbang nyamuk jantan. Nyamuk betina biasanya berumur 42 hingga 52 hari, dan asupan utama mereka adalah darah makhluk hidup. 

Meskipun sulit dikendalikan, namun bukan berarti kita tidak bisa mencegah berkembang biaknya nyamuk di dalam area rumah.

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah penting yang bisa Sahabat lakukan untuk rumah anti sarang nyamuk.

Tips Rumah Anti Nyamuk

Pastikan Tidak Ada Genangan Air

Rumah Anti Sarang Nyamuk
Source : Google Images

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa nyamuk menetaskan telurnya di dalam genangan air. Biasanya nyamuk akan menetaskan telurnya di area air yang kotor, namun juga tak menutup kemungkinan mereka juga meletakkannya pada air yang bersih, tergantung dari jenis nyamuk tersebut.

Untuk itu, mulai mencari sumber-sumber potensi genangan air yang ada di rumah. Sahabat memulai pencariannya dari memeriksa pipa saluran air hujan. Pastikan juga bahwa pipa yang digunakan tidak mampet.

Rajin Membersihkan Bak Mandi

Cara Basmi Nyamuk Dalam Rumah
Source : bagiinfo.com

Berikutnya adalah rutin membersihkan bak mandi. Usahakan dalam 1 minggu, Sahabat mengurasnya untuk diganti dengan tampungan air yang baru.

Apabila sedang tidak dibutuhkan, Sahabat bisa saja menutupnya dengan material plastik atau material yang tidak menyerap air. Untuk tambahan, Sahabat dapat memberikan obat anti jentik nyamuk.

Menggunakan Obat Nyamuk

Basmi Nyamuk Di Dalam Rumah
Source : suzuki.co.id

Berikutnya Sahabat dapat menggunakan obat nyamuk, disarankan untuk menggunakan obat nyamuk semprot. Selain meminimalisir kemungkinan kebakaran, obat nyamuk semprot juga lebih efektif.

Gunakan obat nyamuk yang memang tidak menyengat, namun ampuh membasmi nyamuk. Tipsnya, adalah semprot ruangan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Menggunakan Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman Pengusir Nyamuk
Source : Google Images

Selain menggunakan obatan kimia seperti obat nyamuk, Sahabat juga dapat menggunakan solusi alami seperti tanaman lavender, lemon wangi, serai dan lain-lain yang memiliki bau-bau yang tidak disukai nyamuk.

Tanaman ini bisa digunakan juga sebagai dekorasi cantik di area kamar mandi

Pastikan Tidak Ada Tumpukkan Pakaian Kotor

Pakaian Menumpuk Sumber Sarang Nyamuk
Source : Google Images

Selanjutnya adalah memastikan tidak adanya tumpukkan pakaian yang kotor. Biasanya, tumpukkan pakaian kotor ini ada di dalam kamar mandi sebelum dicuci.

Baca juga : Rumah Sehat Rumah Islami

Solusi praktisnya adalah meletakkan tumpukkan pakaian tersebut ke dalam sebuah wadah yang tertutup. Sahabat juga dapat menggunakan solusi jangka panjang dengan desain ruang cuci dan jemur pakaian sendiri, terpisah dengan area kamar mandi.

Properti Ruang Laundry dan Jemuran Indoor
Source : properti Mulia Arsitek

Tips Rumah Anti Nyamuk, Rajin Bersih-Bersih Area Rumah

Bersih Bersih Rumah
Source : Google Images

Yang terakhir adalah rajin membersihkan area rumah, baik di dalam maupun di luar. Pastikan tidak ada tumpukkan sampah yang dibiarkan untuk waktu yang lama. Timbun sampah-sampah tersebut ke dalam lubang yang dalam, agar tidak menjadi tempat genangan air saat hujan.

Itulah beberapa langkah-langkah penting yang bisa Sahabat lakukan untuk rumah anti sarang nyamuk. Apabila Sahabat ingin bertanya lebih detail mengenai dekorasi dan interior rumah, hubungi saja Mulia Arsitek.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat