12 Tanaman Penjernih Kolam Yang Bisa Kamu Andalkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Tanaman Penjernih Kolam
Source : pinterest.com

Tanaman Penjernih Kolam – Salah satu elemen penting yang dapat mempercantik rumah adalah kolam. Adanya kolam di area rumah tentu akan membantu Sahabat untuk mendapatkan udara yang sejuk dan lembap. Sangat cocok diterapkan untuk Sahabat yang berada di daerah tropis di Indonesia. 

Desain kolam tersebut juga dapat Sahabat gunakan untuk memelihara ikan hias, sebut saja ikan platy, ikan koi, ikan komet, ikan neon tetra dan lain-lain.

Baca juga : 7 Tanaman Untuk Netralisir Bau Rokok

Meskipun memberikan banyak keuntungan, bukan berarti memiliki kolam tidak ada masalah. Masalah yang sering muncul merawat kolam adalah air yang sering menjadi “butek” atau kotor.

Membersihkannya tentu adalah solusi jangka pendek yang bisa Sahabat pilih. Tetapi menunggu air pada kolam tersebut benar-benar kotor dan baru akan dibersihkan, adalah hal yang kurang tepat.

Sahabat perlu solusi jangka panjang, seperti menggunakan tanaman penjernih kolam.

Ya, dengan adanya tanaman penjernih kolam Sahabat tidak perlu membersihkan kolam secara terus menerus. Ada banyak keuntungan yang bisa Sahabat dapatkan dari tanaman penjernih kolam. 3 diantaranya adalah ;

Keuntungan Tanaman Penjernih Kolam di Rumah

  • Menambah pasokan udara segar di area rumah. Menjadikan rumah lebih sejuk dari sebelumnya. Sahabat juga bisa mendapatkan visual rumah yang lebih estetik dan dekat dengan alam.
  • Menyerap racun yang mungkin terdapat di dalam rumah.
  • Menjadi tempat yang cocok ikan hias dapat berkembang biak. Keberadaan ikan-ikan tersebut juga akan membantu Sahabat terutama dalam hal membasmi jentik-jentik nyamuk.

Setelah mengetahui kelebihan dari adanya tanaman di kolam, tentunya Sahabat menjadi tidak sabar tentang tanaman apa saja yang bisa Sahabat gunakan untuk menjernihkan air kolam. 

Berikut ini adalah 12 tanaman penjernih air yang bisa Sahabat jadikan sebagai referensi dari Mulia Arsitek;

1. Kala Lili, Tanaman Penjernih Air seperti Lilin

Kala Lili, Tanaman Penjernih Air seperti Lilin
Source : pinterest.com

Di urutan pertama ada tanaman kala lili.

Tanaman ini memiliki karakteristik seperti lilin. Bercorong putih dengan putik berwarna kuning cerah, menjadikan kala lili sebagai salah satu tanaman penjernih air yang paling banyak diburu.

Tidak hanya corak dan putihnya yang indah, kala lili banyak dicari karena memiliki aroma yang unik, lembut dan wangi.

Tanaman ini juga mampu tumbuh lebih tinggi jika kurang mendapatkan asupan cahaya matahari. Sedikit tips untuk tidak menginginkan hal itu, maka Sahabat bisa meletakkan desain kolam yang ada di area innercourt atau di luar rumah.

2. Mau Memilih Eceng Gondok ? Perhatikan Baik Baik Perawatannya

Cara Merawat Eceng Gondok dengan Mudah
Source : greeners.co

Tanaman penjernih kolam berikutnya adalah eceng gondok. Tanaman ini dapat mengapung di air dan tumbuh sekitar 0,4 hingga 0,8 meter.

Ada banyak keuntungan yang bisa Sahabat dapatkan dari tanaman satu ini. Salah satunya adalah dapat hidup walau dalam kolam yang ekstrem sekalipun.

Kekurangannya adalah tanaman ini termasuk kedalam tumbuhan yang cepat berkembang. Apabila Sahabat tidak rutin untuk memangkasnya, maka ikan hias yang Sahabat miliki bisa saja kekurangan oksigen.

Oleh sebab itu, perhatikan baik-baik setiap kelebihan dan kekurangan dari tanaman penjernih air.

3. Teratai Banyak Dicari Karena Warna Bunganya yang Menawan

Serba Serbi Keunikan Bunga Teratai
Source : pinterest.com

Tanaman penjernih kolam berikutnya adalah teratai. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa tanaman ini memang banyak dicari sebagai penghias kolam.

Warna kelopak bunganya yang cantik, serta daunnya yang menawan menjadi alasan utama mengapa bunga ini banyak dicari.

Bunga teratai dikenal mampu menyaring kotoran ataupun polutan yang ada di dalam air.

4. Daun Semanggi, Tanaman Penjernih Air dengan Karakteristik seperti Payung

Daun Semanggi, Tanaman Penjernih Air dengan Karakteristik seperti Payung
Source : pinterest.com

Tanaman penjernih kolam berikutnya adalah daun semanggi. Tanaman ini tergolong ini tergolong tumbuhan kecil tak berbatang.

Bentuknya yang unik seperti empat buah payung yang digabungkan, memberikan sentuhan seni tersendiri bagi pemilik kolam.

Tidak hanya bentuknya, tanaman ini juga dapat dikonsumsi dengan syarat tidak tumbuh di air yang sudah kotor yang penuh dengan logam berat.

5. Bambu Air, Tanaman Penjernih Kolam untuk Nuansa Zen

Bambu Air, Tanaman Penjernih Kolam untuk Nuansa Zen
Source : plantstory.com

Keberadaan bambu air sebagai tanaman kolam, akan membantu Sahabat untuk lebih mudah menata rumahnya dalam konsep Zen.

Konsep Zen sendiri adalah konsep yang berasal dari kepercayaan masyarakat Jepang dan menekan penganutnya untuk lebih menghargai dan dekat dengan alam. 

Salah satu penerapan daripada konsep Zen ini dapat terlihat pada rumah-rumah kuno di Jepang. Penuh dengan material kayu, bambu, dan juga dekat dengan lingkungan alam yang asri

Rumah Konsep Ala Zen Jepang
Source : pinterest.com

6. Lemna, Sering Disebut juga Mata Lele

Lemna, Sering Disebut juga Mata Lele
Source : infoakuakultur.com

Tanaman ini memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan tanaman daun semanggi. Berukuran kecil dan dapat mengapung dengan baik di atas air.

Tanaman penjernih kolam ini dapat membantu ikan hias yang berada di dalam kolam untuk tempat berlindung, mencari makan, dan lain-lain.

7. Tanaman Ganggang Rantai

Tanaman Ganggang Rantai
Source : Shopee.co.id

Tanaman penjernih kolam selanjutnya adalah ganggang rantai. Seperti namanya, tanaman ini memiliki karakteristik seperti rantai yang panjang.

Tanaman ini memiliki sifat oksigenasi atau mampu meningkatkan kadar oksigen di dalam air sehingga kolam yang Sahabat tetap jernih.

Karena ini sifat inilah ganggang rantai sering digunakan untuk tanaman penjernih kolam meski tidak secara tampilan kurang menarik.

8. Tanaman Ekor Kucing Pilihan Tanaman yang Unik

Tanaman Ekor Kucing
Source : Google Images

Berikutnya adalah tanaman ekor kucing. Tanaman ini memiliki nama latin Typha latifolia dan memiliki bunga berwarna merah berbentuk seperti bulu kucing.

Bentuk yang ramping, tebal, dan memanjang ke atas, menjadikan tanaman ini sering disebut sebagai tanaman ekor kucing.

9. Tanaman Apu-Apu, Tanaman Penjernih Air yang Mudah Untuk Dirawat

Tanaman Apu-Apu, Tanaman Penjernih Air yang Mudah Untuk Dirawat
Source : Google Images

Ciri-ciri tanaman apu-apu yang paling kentara adalah akar bewarna putih, dan permukaan yang ditumbuhi oleh bulu bulu halu seperti beledru.

Tanaman ini tidak memiliki perawatan khusus untuk merawatnya. Sangat rekomendasi untuk Sahabat yang tidak mau “rempong”.

10. Papyrus Payung Pilihan Anti Mainstream

Tanaman Papyrus Anti Mainstream
Source : kompasiana.com

Berikutnya adalah tanaman bernama papyrus payung. Kata payung dalam nama tanaman ini berasal dari bentuk bunga berbentuk daun yang berbentuk seperti payung.

Nama lain dari tanaman ini adalah rumput payung.

Untuk merawatnya papyrus payung, Sahabat perlu sedikit pengorbanan waktu. Salah satunya adalah cara untuk mengembangkan biakkan tanaman menjadi banyak. 

Sahabat perlu membelahnya dengan cepat dan efektif hingga ke akar. Ambil rumpun tanaman yang ada, lalu dipisah ke dalam pot yang berbeda.

11. Pisang Air, Tanaman Mirip Pisang Tapi Bukan Pohon Pisang

Tanaman Penjernih Air, Tanaman Pisang Air
Source : Google Images

Akhir-akhir ini media sosial tengah dihebohkan dengan adanya jargon Salam Dari Binjai. Fenomena viral terjadi karena adanya Paris Pernades dengan meninju pokok pisang yang tidak akan berbuah lagi.

Kurangnya edukasi dan pengawasan orang tua, menjadikan anak-anak dengan mudah mengikuti hal viral ini, dan memukul habis-habisan batang pohon pisang yang masih berbuah.

Bahkan tidak hanya pohon pisang yang asli, pohon pisang yang tidak asli, seperti pohon pisang air juga ikut menjadi sasaran.

Sekilas pohon pisang air memang memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pohon pisang pada umumnya. Perbedaannya terletak pada daunnya yang lebih mirip dengan daun talas.

12. Water Lily, Tanaman Penjernih Air Beraroma Segar

Water Lily, Tanaman Penjernih Air Beraroma Segar
Source : wikimedia.org

Selanjutnya adalah water lily, atau lebih disebut juga dengan tanaman lotus. Sekilas mirip dengan teratai, namun dengan ukuran yang lebih besar. 

Terdapat pilihan warna kelopak yang bisa Sahabatkan dari tanaman penjernih air satu ini. Seperti warna merah muda, ungu, kuning, dan juga putih.

Itulah 12 tanaman penjernih yang bisa Sahabat manfaatkan.

Apabila Sahabat berminat untuk mendapatkan desain rumah siap bangun lengkap dengan desain kolam yang dipenuhi dengan tanaman-tanaman pilihan, hubungi Mulia Arsitek.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.  

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat