8 Tips Desain Interior Rumah Tetap Sejuk Meski Di Musim Panas

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Tips Rumah Sejuk Di Musim Panas
Rumah Sejuk, source : Google Images

Beberapa hari ini, cuaca di Indonesia sedang tidak bersahabat, dan cenderung panas. Ditambah lagi dengan iklim Indonesia yang memang tropis, menjadikan cuaca panas yang ada, bertambah berkali-kali lipat.

Cuaca panas ini tentunya tidak baik bagi kesehatan, terutama kulit, karena menyebabkan kulit mengalami pigmentasi ataupun warna yang tidak merata. Masalah-masalah seperti inilah yang banyak ditakutkan oleh Sahabat Mulia Arsitek terutama dari kalangan hawa.

Lalu bagaimana cara untuk meminimalisir cuaca panas yang sedang terjadi sekarang ini ?.

Selain menggunakan produk-produk herbal yang melindungi tubuh dari panas matahari, Sahabat juga dapat mendesain ulang interior rumahnya, agar mendapatkan udara sejuk meski di kala cuaca sedang panas.

Sebagaimana yang kita tau, rumah adalah tempat berlindung bagi kita, baik dari derasnya hujan dan juga teriknya sinar matahari.

Berikut ini adalah tips desain interior dari Mulia Arsitek yang bisa Sahabat terapkan di kala musim panas;

1. Menggunakan Warna Cerah Agar Rumah Sejuk Juga Merambat Ke Sisi Visual

Tips Rumah Sejuk
Source : Google Images

Pemilihan warna yang tepat untuk area di dalam rumah adalah hal wajib yang harus Sahabat pikirkan ketika pertama kali membangun rumah. Setiap warna yang dipilih memiliki psikologi warna tersendiri. Untuk menyesuaikan suasana di kala cuaca sedang panas, Sahabat dapat memilih warna-warna yang punya karakteristik cerah.

Psikologi yang dihadirkan dari warna-warna cerah ini akan membuat ruangan tidak terasa sumpek dan sesak.

2. Menambah Sirkulasi Udara Solusi Rumah Sejuk Ekonomis

Menggunakan Jendela Untuk Rumah Sejuk
Source : harapanrakyat.com

Berikutnya adalah dengan menambah banyak sirkulasi udara yang masuk ke dalam rumah. Sahabat dapat mendesain jendela baru pada ruangan-ruangan yang sekiranya diperlukan sirkulasi udara tambahan. Tidak hanya jendela, Sahabat juga dapat menggunakan ide roster, untuk menambah sirkulasi udara segar masuk ke dalam rumah.

Terkait ini Sahabat bisa konsultasi terlebih dahulu dengan ahli untuk mendapatkan ruang penambahan jendela yang sesuai.

3. Menambahkan Tirai Di Bagian Jendela

Kain Gorden Agar Rumah Sejuk
Source : pinterest.com

Berikutnya adalah dengan menambahkan tirai di bagian jendela. Sebagaimana yang kita tau, material utama jendela yakni kaca memiliki karakteristik konduktor yang baik. Sifat ini yang menjadikan kaca sebagai penghantar panas matahari paling cepat ke area dalam rumah. 

Agar panas tersebut tidak langsung menyentuh area di dalam rumah, Sahabat bisa menggunakan tirai sebagai pelengkap jendela. Adanya tirai tersebut akan menghambat panas matahari berlebih yang masuk ke dalam rumah.

4. Menambahkan Beberapa Tanaman

Menambahkan Beberapa Tanaman
Source : pinterest.com

Berikutnya adalah dengan menambahkan beberapa tanaman hijau di dalam rumah. Sahabat bisa meletakkannya di berbagai ruangan yang memang diperlukan banyak pasokan udara bersih. Contoh di ruang kerja dan ruang keluarga.

Adanya penambahan tanaman-tanaman hijau ini, akan memberikan kesan oasis tersendiri pada rumah Sahabat.

5. Membuat Plafon Lebih Tinggi

Membuat Plafon Menjadi Lebih Tinggi
Source : bramblefurniture.com

Membuat plafon lebih tinggi akan menjadikan ruangan lebih sejuk. Karena panas matahari yang datang membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke area lantai rumah. Pemberian plafon yang tinggi juga menjadikan visualisasi pada rumah jadi lebih luas.

6. Memberikan Tambahan Peredam Panas Di Bagian Atap

Memasang Insulasi
Source : Google Images

Berikutnya adalah dengan memberikan tambahan peredam panas pada atap rumah. Sahabat dapat memilih berbagai material peredam panas sesuai dengan kebutuhan. Di pasaran terdapat setidaknya 6 jenis material yang bisa digunakan untuk peredam panas di area atap.

6 jenis material tersebut adalah;

  • Polyester
  • Aluminium foil
  • Bubble Foil
  • Panel Styrofoam
  • Polyurethane Foam
  • Glass Wool

7. Membangun Kolam Renang Pribadi Alternatif Instan Rumah Sejuk

Inner Court Rumah Sejuk Anti Panas
Source : pinterest.com

Berikutnya adalah dengan memanfaatkan efek menyejukkan dari sifat air. Ya, Sahabat dapat mulai memikirkan anggaran untuk alokasi kolam renang pribadi. Hitung-hitung juga sebagai area refreshing tanpa harus bepergian jauh hingga ke luar kota.

8. Pemberian Inner Court Agar Rumah Lebih Sejuk

Gambar IG MA

Selanjutnya adalah adanya pemberian ruang khusus untuk inner court. Inner court sendiri adalah sebutan untuk ruangan layaknya taman tetapi berada di dalam rumah.

Baca juga : Desain Rumah Muslim : Menerapkan Nilai Islam Di Dalam Ruang Makan

Itulah beberapa tips untuk Interior Rumah Tetap Sejuk Meski Di Musim Panas. Apabila Sahabat berminat untuk melakukan renovasi terhadap rumahnya sekarang yang tidak nyaman karena panas, hubungi Mulia Arsitek.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.  

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat