Tips Mendidik Remaja Agar Kamar Mereka Tidak Seperti Kapal Pecah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Tips Mendidik Remaja Agar Kamar Mereka Tidak Seperti Kapal Pecah
Kamar Kapal Pecah, source : Properti Mulia Arsitek

Kamar Seperti Kapal Pecah

Sebutan apa yang Sahabat gunakan ketika kamar anaknya berantakan ?. Mungkin, salah satu sebutan yang keluar dari mulut adalah “Kamar Seperti Kapal Pecah”. Istilah Kapal Pecah digunakan untuk menggambarkan kamar anak yang berantakan, seperti situasi saat Kapal mengalami kebocoran. Pakaian berserakkan di mana-mana, sampah bahkan masuk ke dalam ruangan kamar, lembab dan bau.

Apabila dibiarkan, tentunya akan berdampak buruk pada kesehatan anak itu sendiri. Baik itu kesehatan fisik seperti kulitnya yang alami alergi, gatal-gatal dan parahnya merusak mental berpikir anak, karena kamarnya yang kumuh.

Sebagai orang tua sudah selayaknya untuk kita memperingatinya. Mengajarkanya beberapa tata tertib untuk menjadikan kamarnya menjadi tempat yang bersih, nyaman dan tidak seperti Kapal Pecah.

Berikut ini adalah 8 tips untuk mendidik anak agar kamar pribadi mereka tidak seperti Kapal Pecah. Simak baik-baik ya!

1. Tanamkan Pemikiran Bahwa Ruangan Yang Bersih Dan Tertata Rapi Itu Penting

Tips Mendidik Remaja Dari Penataan Kamar
Source : liputan6.com

Yang pertama, lakukan pendekatan secara personal yang mendidik bukan menghardik, Tunjukkan kepadanya tentang keuntungan dari kamar yang bersih dan tertata rapi. Salah satunya adalah ruangan tersebut enak dipandang, nyaman untuk tidur, dan memudahkan anak untuk mencari barang-barang tertentu ketika akan diperlukan.

Bila perlu, berikan ia contoh nyata tentang keuntungan kamar yang bersih dan rapi dari kamar Sahabat sendiri.

2. Jangan Biarkan Pakaian Basah Di Atas Kasur

Handuk Di Atas Kasur Itu Menyebalkan
Source : Google Images

Yang kedua, adalah ajarkan anak untuk tidak meletakkan handuk basah di atas kasur. Handuk yang masih basah akan mengalirkan air pada saja yang berada di bawahnya. Tentunya ini tidak baik untuk kasur, yakni air yang masuk ke dalam kasur, bisa menyebabkan kasur jadi lembab, dan kemudian mengundang banyaknya kutu kasur ataupun tungau.

3. Ambil Pakaian Dari Tumpukkan Paling Atas

Cara Mengambil Pakaian Dari Lemari
Source : hipwee.com

Berikutnya adalah dengan mengajarkan anak untuk membiasakan diri mengambil pakaian dari tumpukkan paling atas. Semisal baju yang ingin dikenalkan berada di bagian tengah tumpukkan baju, maka ajarkan anak untuk mengangkat tumpukkan pakaian di atasnya terlebih dahulu sebelum mengambil baju yang ingin dikenakan.

4. Ajarkan Untuk Anak Membiasakan Jendela Kamar Terbuka Di Pagi Hari

Tips Mendidik Remaja Dari Penataan Kamar
Source : Google Images

Matahari pagi sangat bagus untuk tumbuh kembang si anak. Tidak hanya itu, matahari pagi juga bagus untuk mengeringkan ruangan agar tidak lembab dan bau. Oleh sebab itulah penting untuk rumah mendapatkan cahaya alami matahari dengan maksimal, terlebih untuk ruangan-ruangan seperti kamar tidur.

5. Biasakan Anak Untuk Selalu Membuang Sampah Di Tempatnya

Kamar Seperti Kapal Pecah Itu Jorok
Source : Google Images

Tips kelima untuk menghindari kapal pecah, adalah mengajarkan anak untuk selalu membiasakan diri membuang sampah di tempatnya. Jangan manjakan anak untuk membuang sampah di dalam kamar, hanya karena mereka beralasan membuangnya nanti. Alasan-alasan seperti inilah yang akan membuat mereka lupa, dan lama kelaman akan menjadi kebiasaan buruk.

6. Kipas Angin Yang Mengarah Keluar

Tips Agar Kamar Anak Tidak Seperti Kapal Pecah
Source : Google Images

Selanjutnya adalah mengajarkan anak untuk menggunakan kipas angin seperlunya. Kipas angin adalah pendingin ruangan yang memang umum dijumpai, sayangnya masih banyak yang boros energi menggunakannya. Ajarkan pada anak agar menggunakan kipas seperlunya, dan jangan gunakan sambil tidur.

Atau jika di musim panas, Sahabat bisa membolehkan mereka menggunakan kipas angin, namun diarahkan keluar kamar. Mengapa ?, agar kipas angin mampu membawa udara panas dalam keluar dari kamar tidur.

7. Jangan Biarkan Pakaian Kotor Dan Bersih Menjadi Satu Gumpalan Di Dalam Area Kamar

Tips Kamar Tidak Seperti Kapal Pecah
Source : Google Images

Tips nomor 7 ini berkaitan dengan dengan tips nomor 3. Apabila anak sudah tidak terbiasa menerapkan tips yang ketiga, maka pola pikirnya akan berubah menjadikan segala sesuatu tidak rapi menjadi hal-hal yang biasa.

8. Ajarkan Anak Untuk Meluangkan Waktunya Bersih-Bersih.

Cara Menata Kamar Remaja Tidak Seperti Kapal Pecah
Source : popbela.com

Yang terakhir adalah ajarkan anak meluangkan waktu untuk membersihkan kamarnya. Sahabat bisa mengajaknya untuk membersihkan kamar di hari minggu atau pada saat Sahabat melakukan “Sidak ke kamarnya”, namun tidak dengan tekanan yang berlebihan.

Baca juga : Cara Agar Anak Mandiri Dari Penataan Kamar

Itulah beberapa tips sederhana untuk Remaja Agar Kamar Mereka Tidak Seperti Kapal Pecah. Apabila Sahabat memiliki pertanyaan mengenai desain interior kamar tidur yang nyaman atau berencana untuk melakukan renovasi kamar tidur, hubungi Mulia Arsitek.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.  

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments

    Artikel Lainnya:

    KRITERIA RUMAH MENURUT ISLAM

    Yuk kita bahas tentang kriteria rumah menurut islam. Sungguh indah menjadi manusia yang hidupnya dilingkupi dengan nilai-nilai islami. Mulai dari lahir, bertumbuh, menikah hingga punya

    Read More »
    Rumah Nuansa Islami di Masyarakat Jawa dan Bugis

    RUMAH NUANSA ISLAMI DI JAWA & BUGIS

    Rumah Nuansa Islami di Masyarakat Jawa dan Bugis. “Yaaa ayyuhallaziina aamanudkhuluu fis-silmi kaaaffataw”, Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan. Yuswohadi dalam

    Read More »
    Open chat