Agar Anak Tidak Bosan Di Rumah, Ini Tips Lengkapnya !

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Agar Anak Tidak Bosan Di Rumah
Agar anak tidak bosan di rumah, Source : Unsplash.com

Agar anak tidak bosan di rumah, bagaimana caranya ?.

Rumah adalah tempat bernaung yang sudah seharusnya memenuhi segala kebutuhan orang-orang yang berada didalamnya. Mulai dari orang tua hingga anak-anak, rumah haruslah membuat nyaman kita ketika akan beraktivitas. Terlebih di masa pandemi sekarang ini, yang memang mengharuskan kita untuk lebih banyak berada di dalam rumah.

Berada di dalam rumah bisa adalah hal yang menyenangkan. Namun, untuk tetap harus berada di dalam rumah tentunya akan sangat membosankan. Terutama bagi Si Kecil yang sedang aktif-aktifnya. Memberikan mereka asupan teknologi tentu akan berada pada pola pikir mereka nantinya.

Maklum, di umur belia, Si Kecil cenderung tidak punya kontrol terhadap zat adiktif berbasis digital tersebut. Sebagai orang tua baik, tentu sedih melihat buah hati yang tadinya aktif bermain, justru dipaksa untuk bermain di dalam rumah.  Tapi membiarkannya tanpa kontrol dengan smartphone juga bukan hal yang bijak.

Bingung ?.

Mulia Arsitek punya solusi yang lebih bersahabat. Yakni dengan menjadikan rumah layaknya taman bermain anak dan tidak membuat bosan karena berada di rumah.  Berikut tips lengkap agar anak tidak bosan di rumah untuk Sahabat.

Bebaskan Ruang Lukis Anak

Ruang Lukis Anak Yang Dibebaskan
Source : intisari.grid.id

Anak-anak mulai rentang umur 3-6 tahun memang suka bermain dengan imajinasi mereka. Salah satu permainan imajinasi tersebut adalah menggambar. Meski kebanyakan gambar yang dihasilkan bertemakan abstrak, bukan berarti gambar yang dihasilkan jelek.

Sahabat sebagai orang tua bisa memotivasi mereka dengan memberikan banyak ruang lukis.

Salah satu caranya adalah dengan membebaskan anak memilih media lukis, seperti dinding. Ya seni corat coret dinding memang sering anak-anak lakukan. 

Baca juga : Hiasan Dinding Estetik Untuk Ruang Tamu

Memang menjengkelkan melihat gambaran tidak jelas di dinding, tapi demi membahagiakan anak maka hal ini tidaklah mengapa. Tapi perlu diingat, tetap ada pengawasan, agar si anak benar-benar mengeluarkan seluruh kemampuannya dalam berimajinasi ketika menggambar.

Sediakan dinding khusus untuk mereka menggambar, seperti dinding di kamar mereka, ataupun area dinding di tamu layaknya “pameran mini” untuk mereka.

Menghilangkan Partisi

Menghilangkan Partisi
Source : pinterest.com

Permainan masa kecil Sahabat dan Admin yakni kejar-kejaran tetap jadi favorit hingga generasi berikutnya. Permainan ini bisa dimainkan di mana saja bahkan di rumah sekalipun.

Untuk itu, orang tua perlu memperluas luas ruangan dengan menghilangkan partisi yang ada. Hilangnya partisi tentu akan membuat area lari anak menjadi lebih luas.

Arah juga untuk tidak berlari pada area yang memang banyak furniture-furniture bersudut tajam. Selama mereka bermain, Sahabat bisa mengawasinya.

Ciptakan Ruang Belajar Bersama

Agar Anak Tidak Bosan Di Rumah
Source : sehatq.com

Selanjutnya adalah menciptakan ruangan khusus untuk anak dapat belajar sambil bermain. Sahabat dapat menggunakan metode tersendiri, seperti memberikan hadiah saat Si Kecil berhasil menebak jawaban kuis dengan benar.

Di dalam ruangan ini, Sahabat dapat memilih sudut-sudut ruangan yang kurang terpakai untuk ditaruh rak-rak buku, contoh di bawah tangga

Perpustakaan Mini Bawah Tangga
Source : dekoruma.com

Agar nuansa belajar yang umumnya monoton dan membosankan, Sahabat bisa berikan tambahan dekorasi berupa bean bag.

Menciptakan Rasa Gemar Berkebun

Agar Anak Tidak Bosan Di Rumah
Source : almanac.com

Selama di rumah, Sahabat bisa mengajak Si Kecil untuk menanamkan tanaman favoritnya bersama-sama. Tunjukkan kepada mereka betapa penting tanaman hijau di bumi, sebagai pasokan udara bersih.

Sahabat bisa menciptakan suasana seperti dengan desain inner court ataupun dengan taman mini di rooftop, depan maupun belakang rumah

Lomba Tata Ruang Kamar, Agar Anak Tidak Bosan Di Rumah

Agar Anak Tidak Bosan Di Rumah
Source : howwemontessori.com

Adakan lomba kecil-kecilan untuk Si Kecil agar anak terbiasa menata kamarnya agar selalu rapi dan enak dilihat. Tidak seperti “Kapal Pecah”.

Sebagai tips tambahan, berikan periode lomba tata ruang kamar berlangsung, seperti 1 minggu. Tidak hanya itu, berikan mereka jadwal penilaian tiap harinya, dan target total yang harus dicapai dalam seminggu.

Baca juga : Cara Agar Anak Mandiri Dari Penataan Kamar

Apabila target tercapai, Sahabat dapat memberikannya hadiah yang ia inginkan. Apabila tidak, terus motivasi ia dengan cara Sahabat.

Itulah beberapa tips sederhana untuk Sahabat agar anak tidak merasa cepat bosan di rumah.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.  

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat