Rekomendasi Tanaman Penghias Pagar Untuk Kesan Layaknya Istana.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Bougenville Cantik Untuk Rumah
Tanaman Penghias Pagar, Source : ruangarsitek.id

Salah satu bagian yang sering mencuri perhatian dari rumah adalah fasad.

Fasad yang berasal dari kata face dalam Bahasa Inggris, sebutan untuk menggambarkan bagian depan dari rumah. Ada banyak bagian dari fasad  ini, semisal pintu, jendela, sun shading, tritisan dan pagar.

Mulia Arsitek sebenarnya sudah merangkum penjelasan detail tentang apa itu fasad, lengkap dengan bagian dan contoh desain pada artikel sebelumnya.

Baca juga : Pengertian Fasad, Komponen, Dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Terkhusus bagian yang terakhir yakni pagar, Mulia Arsitek punya ide menarik yang bisa Sahabat terapkan, Yakni dengan menggunakan tanaman sebagai pagar rumah Sahabat. Penggunaan tanaman sebagai pagar ini tentunya akan menjadikan rumah Sahabat tampak seperti istana.

Berikut ini adalah tanaman-tanaman yang bisa Sahabat gunakan untuk menghias pagar rumahnya.

Tanaman Lidah Mertua

Tanaman Penghias Lidah Mertua
Source : pinterest.com

Tanaman lidah mertua memang salah satu satu tanaman hias yang cukup populer untuk rumah. Tanaman ini dapat hidup dalam ketika kondisi air yang kurang memadai, dan juga dapat bertahan dari sinar matahari yang terik sekalipun.

Cocok untuk iklim Indonesia. Ciri khas dari tanaman lidah mertua ini adalah ujungnya yang meruncing.

Dalam dunia kesehatan, tanaman juga dapat digunakan untuk bahan obat penyerapan racun.

Tanaman Penghias Pagar Dengan Bambu

Tanaman Penghias Pagar
Source : pinterest.com

Berikutnya adalah desain pagar dengan tanaman bambu yang hidup. Desain pagar dengan tambahan tanaman pagar, memberikan efek layaknya oasis. Agar tanaman bambu tidak menjadi sarang ular, pastikan Sahabat meletakkan secara jarang-jarang. 

Bagian daun bambu yang menjulang tinggi bisa menjadikan rumah ini tampak estetik bagi tetangga yang melihatnya.

Tanaman Juniper

Tanaman Penghias Pagar
Source : ruparupa.com

Berikutnya adalah tanaman juniper. Tanaman ini punya ciri khas seperti daun layaknya semak-semak dan pokoknya yang berdiri tegak. Tanaman ini bisa Sahabat letakkan sebagai pagar alami, dengan kombinasi pagar kayu dengan campuran beton. Sering diletakkan di samping kiri kanan jalan paving blok.

Tanaman Cemara Kipas Untuk Penghias Pagar

Cemara Di Bagian Depan Rumah
Source : pinterest.com

Berikutnya adalah tanaman cemara kipas. Tanaman ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan tanaman sebelumnya. Hanya saja tekstur daun yang dimiliki lebih lembut dan pokoknya yang lebih tinggi.

Tanaman Bunga Sepatu Percantik Rumah Anda

Bunga Cantik Siap Jual
Source : pinterest.com

Di nomor 5, ada tanaman bunga sepatu. Tanaman yang punya nama unik ini berasal dari Asia Timur dan memang banyak digunakan sebagai tanaman hias pada daerah tropis dan subtropis

Bunga ini banyak dicari oleh Ibu-Ibu untuk, karena memiliki ciri khas warna kelopak yang indah. Warna kelopak yang ada pada bunga ini, umumnya adalah warna putih salmon, merah dan pink.

Tanaman ini juga bisa beradaptasi ketika cuaca sedang kering.

Tanaman Boskus

Boskus Untuk Perindah Rumah
Source : ruangarsitek.id

Di nomor 6 ada tanaman boskus yang sering digunakan sebagai pagar labirin. Tanaman ini memang popular digunakan sebagai pagar hias. Daun dan rantingnya yang kokoh dan rapat, menjadikan tanaman favorit banyak orang.

Yang menarik, Sahabat dapat berkreasi membentuk seni gunting yang indah dengan tanaman ini. Semisal Sahabat ingin membuat bulat seperti bakso seperti pada gambar di bawah ini.

Boxwood Untuk Percantik Bagian Depan Rumah
Source : ruparupa.com

Tanaman Bougenville, Penghias Pagar Yang Mempesona

Bougenville Cantik Untuk Rumah
Source : ruangarsitek.id

Siapa yang tidak kenal dengan bunga yang satu ini ?. Tanaman ini bisa jadi alternatif bagi Sahabat yang menginginkan pagarnya memiliki nilai seni tersendiri. Membuatnya tumbuh merambat di area sekitar pagar adalah ide yang brilian.

Tanaman ini juga sering disebut sebagai bunga kertas, karena karakteristik daunnya yang tipis. Sahabat dapat memilih bunga dengan kelopak berwarna oranye, merah menyala, merah muda, dan juga ungu.

Sayangnya bunga terkesan rapuh, dan perlu perawatan yang ekstra.

Apabila Sahabat berminat untuk mendapatkan desain pagar dengan tanaman penghias yang cantik dan juga kokoh, hubungi Mulia Arsitek.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.  

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments

    Artikel Lainnya:

    KRITERIA RUMAH MENURUT ISLAM

    Yuk kita bahas tentang kriteria rumah menurut islam. Sungguh indah menjadi manusia yang hidupnya dilingkupi dengan nilai-nilai islami. Mulai dari lahir, bertumbuh, menikah hingga punya

    Read More »
    Rumah Nuansa Islami di Masyarakat Jawa dan Bugis

    RUMAH NUANSA ISLAMI DI JAWA & BUGIS

    Rumah Nuansa Islami di Masyarakat Jawa dan Bugis. “Yaaa ayyuhallaziina aamanudkhuluu fis-silmi kaaaffataw”, Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan. Yuswohadi dalam

    Read More »
    Open chat