Ternyata Begini 4 Cara Desain Rumah Muslim Supaya Berkah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Ternyata Begini Cara Desain Rumah Muslim Supaya Berkah. Sebagai umat muslim, pastinya Anda ingin memiliki sebuah hunian yang proses pembangunannya berdasarkan ajaran Islam, bukan? Rumah tidak hanya sebagai tempat memberikan rasa aman saja tapi mendukung terciptanya keharmonisan keluarga besar, kebahagiaan dan menjaga keislamannya. Rumah islami sebenarnya kental dengan keramahan dan kesederhanaan. Dan desainnya pun tidak perlu mengikuti desain khas di Timur Tengah. Selama rumah tersebut bisa mendukung sebuah kegiatan keagamaan penghuni rumah, itu sudah cukup. Nah di bawah ini sudah ada panduan cara desain rumah musim yang bisa Anda jadikan contoh.

Cara Desain Rumah Muslim yang Perlu Diketahui

Bagaimana cara membuat sebuah hunian yang islami? Hunian impian adalah hunian yang bisa mendukung kehidupan dan aktivitas bagi Anda dan keluarga. Bila mengaplikasikan kiat atau cara di bawah ini, setidaknya impian akan segera terwujud. Sekarang Anda sudah bisa membangun hunian dengan desain islami yang sesuai syariat tapi juga cantik. Silahkan praktekkan sendiri dan rumah pun akan terasa menenangkan dan menyenangkan. Berikut cara desain rumah muslim yang wajib Anda ketahui:

1.     Membuat Mushola

Pertama, sebuah hunian dapat dikatakan islami bila di dalamnya tersedia mushola pribadi. Anda bisa buat mushola di rumah jika ingin pelaksanaan ibadah dapat berjalan khusyu’ dan nyaman. Mushola bisa berupa bangunan yang terpisah dari rumah  dan bisa pula membangun sebuah ruangan khusus untuk tempat shalat.

Jika ingin membangun mushola, ada banyak sekali desain di internet yang bisa Anda tiru. Kunci dari pembangunan mushola adalah memiliki pencahayaan yang baik, mudah Anda bersihkan, jauh dari kotoran. Ruangan akan terasa nyaman bila bersih dan terang. Kebanyakan orang akan membangun mushola di teras rumah mereka.

2.     Tempat Wudhu

Jika sudah membuat mushola, selanjutnya buatkan pula tempat wudhu. Ini adalah pelengkap dari ruang mushola yang sudah Anda buat tadi. Anda harus siapkan tempat wudhu yang jauh dari mushola. Jauh lebih baik jika tempat tersebut Anda buat di outdoor atau ruang terbuka sehingga dapat menyatu dengan alam.

Bila ingin berwudhu di kamar mandi sebenarnya boleh-boleh saja. tapi rumah akan terlihat jauh lebih menarik jika Anda sediakan tempat wudhu yang memang terpisah dengan kamar mandi. Tempat ini harus Anda letakkan di dekat mushola. Anda bisa buat beberapa keran yang berjejer dengan rapi supaya memudahkan orang-orang yang akan beribadah shalat di rumah Anda.

3.     Tidak Perlu Memiliki Pagar

Ketiga, semua rumah dapat dikatakan rumah islami bila tidak ada pagar. Karena rumah islami sangat kental dengan sikap keramahtamahan dan hobi bersosialisasinya. Karena itu, cara desain rumah muslim selanjutnya adalah tidak harus punya pagar. Anda tidak perlu pagar pada rumah yang Anda bangun sesuai syariat islam.

Tidak masalah jika rumah tersebut Anda biarkan menyatu dengan lingkungan. Tapi pastikan penjagaan privasi tetap terjaga, misalnya membagi fungsi interior dengan jelas. Anda bisa bersosialisasi dengan tetangga tanpa harus terhalangi pagar tinggi.

4.     Memilih Pajangan Kaligrafi

Dan terakhir adalah memajang kaligrafi karena di dalamnya terdapat nilai-nilai islam yang begitu kuat. Ini yang menjadikan kaligrafi tampil di rumah-rumah dengan konsep islami. Kaligrafi tidak harus mewah apalagi ukurannya besar. sebaliknya, jika kaligrafi unik maka daya tariknya tetap akan terpancar

Jadi itulah panduan cara desain rumah muslim yang bisa dipelajari dan dipahami. Rumah yang dibangun mengikuti sunnah Rasul akan jauh lebih tentram dan berkah. Semoga bermanfaat. Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain rumah yang islami dengan tim kami di Mulia Arsitek, untuk mendapatkan desain interior dan eksterior yang Islami. Hubungi Admin kami di WA kami yah, wa.me/628112648986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat