Tips Decluttering Lengkap Untuk Hunian Minimalis

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Tips Decluttering
Tips Decluttering, Source : summaercon.com

Tips Decluttering.

Apa itu decluttering ? .

Decluttering termasuk ke dalam istilah yang jarang kita dengar dalam dunia desain interior. Istilah ini memang lebih akrab digunakan oleh desainer interior. Adapun maksud dari decluttering adalah kegiatan untuk menyingkirkan barang-barang yang tidak digunakan.

Hasil dari kegiatan ini adalah rumah hanya akan dipenuhi oleh barang-barang yang memang diperlukan saja.

Pemisahan barang-barang yang tidak digunakan dari rumah, tentunya akan membuat rumah menjadi lebih luas. Tidak hanya luas, pemisahan barang-barang yang tidak digunakan di dalam rumah, juga akan membantu melapangkan pikiran Sahabat dari ruang yang padat dan berantakan.

Manfaat Decluttering

Survei dari Budget Dumpster, Amerika Serikat bahkan mengatakan bahwa 48,5% responden setuju bahwa rumah yang berantakan membuat mereka menjadi stres. Bahkan dari beberapa stres tersebut ada yang sampai mengalami depresi.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana cara melakukan decluttering, ada baiknya Sahabat mengetahui terlebih dahulu manfaat daripada decluttering.

Berikut adalah 5 manfaat lengkap daripada decluttering;

1. Manfaat Decluttering, Mengurangi Rasa Stres Di Dalam Rumah.

Stres itu wajar kita alami, namun stress yang berkelanjutan sudah tidak bisa dikatakan wajar. Oleh sebab itu bantu meringankan kerja otak untuk mengurangi rasa stres yang ada dengan penataan ruang di dalam rumah.

Hal ini sesuai dengan hasil survei yang tadi telah Budget Dumpster lakukan.

2. Pengeluaran Untuk Rumah Menjadi Lebih Hemat.

Yang kedua, berkaitan dengan masalah ekonomis. Penyortiran barang-barang yang tidak diperlukan tentunya akan menghemat banyak anggaran Sahabat dalam menyimpannya. Seperti berkaitan dengan biaya perawatan, semisal memerlukan tempat khusus untuk menyimpannya.

3. Rumah Menjadi Lebih Luas Dengan Decluttering.

Setelah barang-barang yang tidak digunakan dipindahkan ke tempat lain, rumah yang tadinya kelihatan sempit seketika menjadi lebih luas. Rumah yang luas akan memudahkan anak-anak Sahabat dapat bermain lebih ceria di dalam rumah, tanpa takut tersenggol barang-barang yang sejatinya tidak digunakan.

4. Bisa Menjadi Ladang Untuk Berbagi

Keuntungan selanjutnya dari decluttering adalah menumbuhkan jiwa sosial yakni berbagi. Sahabat bisa memberikan barang-barang yang tidak digunakan kepada mereka yang memerlukan. Tentunya, Sahabat harus dapat memilih barang-barang yang tidak diperlukan dengan kualitas yang masih bagus untuk digunakan.

5. Bisa Menjadi Ladang Penghasilan Tambahan Sahabat.

Berbeda dengan nomor 4, manfaat decluttering yang terakhir ini berkaitan dengan ide menjual barang-barang yang tidak digunakan. Untuk kategori barang tidak digunakan dan masuk kriteria barang antik, maka barang tersebut bisa saja memiliki harga yang tinggi.

Tips Decluttering Untuk Hunian Minimalis

Tips Decluttering Untuk Hunian Minimalis
Source : unclutteredsimplicity.com

Decluttering sendiri terbagi ke dalam beberapa metode. 4 diantaranya adalah metode 4 kotak, KonMari, Minimalist Game, Packing Party. Mulia Arsitek akan menjelaskannya satu per satu.

Tips Decluttering Dengan 4 Kotak

Yang pertama adalah dengan bantuan 4 kotak dus berukuran besar. Setiap kotak tersebut bisa Sahabat labeli dengan beberapa kategori barang, seperti Barang Pecah Belah, Barang Yang Akan Didonasikan, Barang Yang Akan Dijual, dan Barang Yang Akan Dibuang.

Pelabelan 4 kotak ini tentunya menyesuaikan kebutuhan Sahabat sendiri. Yang pastinya, 1 kotak digunakan sebagai tempat barang-barang yang akan dibuang.

Metode Decluttering KonMari

Tips Decluttering selanjutnya adalah KonMari. KonMari sendiri adalah nama unik yang diberikan oleh Marie Kondo dalam bukunya “The Life-Changing Magic of Tidying Up”. Istilah ini digunakan oleh Marie Kondo untuk proses kerja Decluttering versinya.

Marie Kondo memberikan 2 klasifikasi dari definisi KonMari miliknya. 2 klasifikasi tersebut adalah daily tidying dan special event tidying.

Daily tidying adalah cara mengembalikan barang-barang yang dipakai ke tempat semula dengan tertib. Sementara special event tidying adalah kegiatan seperti daily namun terdapat proses pembersihan total.

Tips Decluttering Dengan Metode Minimalist Game

Selanjutnya adalah tips decluttering menggunakan metode yang diciptakan oleh Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus. Metode tersebut adalah minimalist game. Contoh penerapan game ini dapat Sahabat temukan di sosial media melalui tagar #minsgame. 

Tips Decluttering Terakhir, Metode Packing Party

Lagi-lagi metod dari Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus. Metode ini mirip-mirip dengan metode sebelumnya, hanya imajinasi pemain di dalamnya seolah-olah berada dalam situasi pindahan.

Baca juga : Mau Rumah Anti Asap Rokok ? Gunakan 7 Tanaman Ini Untuk Bantu Menetralisir Racun Rokok

Itulah tips decluttering lengkap yang telah Mulia Arsitek bahas.

Tips ini bisa Sahabat terapkan ketika ingin melakukan pindahan dari hunian yang lama menuju hunian yang baru. Apabila Sahabat ingin mendapatkan jasa pindahan rumah, atau berencana membangun rumah yang baru untuk segera pindah dari lingkungan lama yang tidak nyaman, hubungi Mulia Arsitek.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.  

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat